Pelajar Antusias Kunjungi Stand Pemeran TNI AD

safari
Pelajar Antusias Kunjungi Stand Pemeran TNI AD

Jakarta, HanTer - Ratusan pelajar antusias mengunjungi Pameran Pendidikan ke-28 "Indonesia International Education & Training Expo" 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, kemarin. Di hari kedua pameran hingga pukul 11.00 WIB tercatat 650 an pengunjung yang menyambangi stand dari jajaran pertahanan dan keamanan ini. 

 

Mereka yang datang didominasi dari kalangan pelajar SMU/SMK, meskipun terlihat juga pengunjung yang berasal dari kalangan mahasiswa maupun akademisi seperti dosen dan guru. Sebelumnya tercatat lebih dari seribu seratus pengunjung di hari pertama.

 

Yang menarik, puluhan hingga ratusan pelajar terlihat “menumpuk” di bagian yang dipandu oleh Tim Jasmani dari Dinas Jasmani Angkatan Darat (Disjasad). 

 

Mereka mengantre untuk bisa melakukan pull up. Di sektor/bagian stand milik Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) juga tak kalah padatnya, para pelajar nampak dengan sabar menunggu giliran untuk bisa berswafoto bersama prajurit TNI Angkatan Darat berseragam tempur lengkap, maupun berfoto sambil memegang senjata HK 416 atau Sniper Range Master G2 milik Kostrad.

 

Ertrio dan Isnanto, dua pelajar kelas 12 dari SMAN 67 Jakarta, mengaku gembira dan terbantu dengan adanya stand TNI AD di Pameran Pendidikan. 

 

Ditemui usai melakukan pull up,  keduanya menjelaskan bahwa alasan mereka mencoba pull up karena ingin mengukur kemampuan diri untuk menghadapi tes rekruitmen prajurit tahun depan.

 

“Cita-cita saya menjadi prajurit TNI, jadi saya pengen tahu cara dan hitungan pull up yang benar seperti apa. Untungnya tadi dikasih tahu sama Bapak-Bapak penjaga standnya, cara untuk meningkatkan kemampuan saya, diajarin juga tentang tes psikologi, tes buta warna dan lain-lain,” ujarnya.

 

Tak hanya kaum adam yang mengunjungi stand ini, beberapa pelajar perempuan juga terlihat semangat menjajal alat chinning yang tersedia. 

Stevi Manam, pelajar perempuan asal Jayapura yang bersekolah di SMA Adria Pratama Mulya, mengatakan motivasinya mengunjungi stand TNI AD adalah untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Kowad. Dengan wajah sumringah ia pun membagikan pengalamannya mengunjungi stand yang penuh sesak itu.

 

“Saya dan teman-teman ingin tahu tentang dunia militer, dan saya dapat banyak ilmu baru dari bapak dan ibu tentaranya. Salah satunya, saya jadi paham bahwa menjadi prajurit, dibutuhkan fisik yang kuat dan prima, lalu otak juga harus cerdas. Harus seimbang pokoknya,” ujarnya..

 

Cerita para pelajar ini seakan mewakili isi hati ratusan pelajar lain yang memenuhi stand pameran TNI AD. Yang menarik, mereka juga mengungkap kekaguman terhadap para penjaga stand TNI AD. 

 

“Kakak penjaga standnya baik-baik semua ya. Mereka mau memberikan info rekruitmen dan mekanisme masuk menjadi calon anggota prajurit TNI AD secara lengkap. Jadi kami adik-adiknya yang ingin bergabung dengan TNI jadi mengerti dan bisa lebih mempersiapkan diri,”  ujar Stevi.

 

Ertrio bahkan mengaku kini prajurit TNI jauh dari kesan sangar dan seram. “Mas-mas dan Mbak-mbak prajurit TNI nya sangat ramah, membantu sekali. Gagah dan karismatik, Kowadnya juga cantik dan luwes, keren abis deh, jadi saya minta foto juga tadi,” ujarnya.

#Pameran   #TNI