Penumpang Antusias Ikuti Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan di Bandara Mapoh, Merauke

Safari
Penumpang Antusias Ikuti Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan di Bandara Mapoh, Merauke

Jakarta, HanTer - Bandar Udara Mapoh, Merauke yang masuk Otoritas Bandar Udara Wilayah X sukses menggelar Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan, Minggu (10/2/2019). Kegiatan ini diaplikasikan dengan melakukan ramp check ke seluruh fasilitas dan personel penerbangan terhadap pesawat yang mendarat di Bandara Mapoh. Pelaksanaan kegiatan dimulai sekitar pukul 07.00 - 10.50 WIT. 

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah X Usman Effendi mengatakan, ada 10 lapangan terbang yang menjadi pengawasan Otoritas Bandar Udara Wilayah X. Di antaranya yakni Mopah, Sentani, Mimika, Kanor, Bomakiah.
Tanah Merah, Ewer, dan Kepi. Kegiatan Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan para penumpang pesawat udara.

"Dengan langsung kita kampanye kepada penumpang maka pelayanan bisa dengan baik. Bagaimana pelaksaan sesuai SOP-nya. Apa yang harus dibagasikan dan apa yang harus dibawa, itu harus diketahui penumpang" ujar Usman Effendi di Bandara Mapoh, Merauke, Minggu (10/2/2019).

Dalam kampanye ini, Usman bersama jajaran pimpinan Bandara Mapoh melakukan ramp check pesawat. Mereka juga memberikan penjelasan menggunakan alat peraga kampanye keselamatan dan keamanan penerbangan kepada calon penumpang di bandara tersebut. Diberikan juga brosur dan pin kepada setiap penumpang. Terlihat para penumpang antusias terhadap kegiatan tersebut. 

"Ramp check,  ini sudah biasa dilakukan di bandara dan pesawat-pesawat.  Tidak ada masalah yang ditemui.  Tadi itu,  juga tidak ada masalah," paparnya. 

Usman berharap untuk kampanye berikutnya bisa dilakukan dengan meriah dengan mendirikan panggung atau tenda. Setiap penumpang juga bisa diberikan souvenir seperti kaos atau gelas sehingga bisa lebih berkesan. Pelaksananya juga tidak hanya satu hari tapi bisa dilakukan lebih dari sepekan. Sehingga kampanye keselamatan dan penumpang bisa lebih dirasakan penumpang.

"Saya berharap kegiatan Kampanye Keselamatan dan Keamanan Penerbangan bisa dilakukan lebih meriah dan menarik," tandasnya.

Dalam kegiatan ini hadir pula Kepala Bandara Sentani A. Widyo Praptomo, Kepala Seksi Teknik Agus Kurniawan,  operasi kantor kantor UPBS kelas I Bandara Mopah, serta para stakeholder penebangan di wilayah Merauke. 

Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti menginstruksikan pada Otoritas Bandar Udara (OBU) di 10 Wilayah di Indonesia untuk melakukan Kampanye Keselamatan Penerbangan melalui kegiatan sosialisasi dan ramp check seluruh fasilitas dan personel penerbangan. Kampanye keselamatan penerbangan ini dilakukan serentak di 10 OBU pada Minggu (10/2/2019).

"Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab semua pemangku kepentingan di sektor penerbangan, baik regulator, operator, maupun masyarakat, bahkan manufaktur pesawat terbang. Untuk itu semua pemangku kepentingan penerbangan harus bersatu serta bekerja sama menciptakan dan membudayakan keselamatan penerbangan nasional," kata Polana ketika membuka Kampanye Keselamatan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Kantor OBU Wilayah I Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Minggu (10/2/2019).

Ditjen Perhubungan Udara sebagai regulator penerbangan sipil berupaya untuk terus melakukan pengawasan demi meningkatkan keselamatan penerbangan. Untuk melakukan pengawasan yang berkesinambungan, Ditjen Perhubungan Udara memiliki 10 OBU sebagai kepanjangan tangan di daerah-daerah. 

Ke-10 OBU itu adalah OBU Wilayah I Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang; OBU Wilayah II Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang; OBU Wilayah III Bandara Internasional Juanda, Surabaya; OBU Wilayah IV Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali; OBU Wilayah V Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar; OBU Wilayah VI Bandara Internasional Minangkabau, Padang; OBU Wilayah VII Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan; OBU Wilayah VIII Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado; OBU Wilayah IX Bandara Rendani, Manokwari; OBU Wilayah X Bandara Mopah, Merauke.

Pada rampchek list terdapat total 55 items pengecekan. Terdiri dari 25 items persyaratan operasional, 15 items keselamatan dan perlengkapan pada kabin pesawat, serta 12 items yang berkaitan dengan kondisi pesawat. Ada lagi tiga items yang terkait dengan pemeriksaan kargo dan kompartemen kargo, serta tiga items umum, yaitu bila tidak termasuk dalam keempat kategori sebelumnya.