SBY dan Prabowo Akan Temui Ribuan  Purnawirawan TNI

Safari
SBY dan Prabowo Akan Temui Ribuan  Purnawirawan TNI
SBY dan Prabowo

Jakarta, HanTer-- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terus bergerak, menggalang dukungan dari sejumlah kalangan masyarakat jelang palaksanaan Pilpres 17 April 2019 nanti. Dalam waktu dekat ini, SBY dan Prabowo dijadwalkan akan menemui ribuan purnawirawan TNI di Yogyakarta.

Wakil Ketua Dewan Penasehat BPN Prabowo-Sandiaga, Tedjo Edhy Purdjianto mengatakan, pertemuan SBY, Prabowo dengan ribuan purnawirawan TNI tersebut juga akan diisi dengan deklarasi dukungan untuk Prabowo-Sandi. Acara akan berlangsung pada akhir Februari 2019 mendatang.

"Nanti akan di Yogyakarta 1.000 orang (Purnawirawan TNI), tanggal 27 Februari. Jadi ada pertemuan antara Pak Prabowo dengan Pak SBY dengan Purnawirawan," ujar Tedjo kepada wartawan di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/2/2019).

Koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (Kontak) Lieus Sungkarisma mengatakan, kecintaan purnawirawan pada republik ini sangat tinggi. Karena tentara dan polisi adalah abdi negara yang sejak menjadi prajurit berkomitmen menjaga keutuhan negeri. Oleh karena itu tidak aneh jika ada purnawirawan yang memberikan dukungan kepada capres nomor urut 02 Prabowo - Sandi.

"Karena di tangan Prabowo - Sandi lah harapan menjaga NKRI bisa digantungkan," tegasnya kepada Harian Terbit, Rabu (6/2/2019).

Lieus menuturkan, purnawirawan tidak mengantungkan harapannya kepada Jokowi karena sudah 4 tahun menjadi presiden justru keadaan dan kondisi tidak membaik. Contohnya, penegakan hukum tajam sekali kepada lawan politiknya tapi tumpul kepada kubu atau kelompoknya. 

Menurutnya, suara purnawirawan siginfikan untuk mendukung Prabowo - Sandi. Karena dalam pemilu satu purnawirawan memiliki satu suara. Tapi purnawirawan memiliki banyak kolega. Apalagi purnawirawan memiliki tekad untuk keutuhan negeri ini. Ditambah yang dipilih purnawirawan adalah figur yang bisa memberikan harapan terhadap semua pihak dan golongan.

Tokoh Masyarakat

Tedjo Edhy menyampaikan, SBY dan Prabowo akan memberikan wejangan kepada ribuan purnawirawan TNI. Tokoh masyarakat, kata dia, juga akan hadir pada pertemuan tersebut. "Ada tokoh masyarakat dan tokoh adat dan sebagainya," paparnya.

Menurut Tedjo, dukungan ribuan purnawirawan yang bergabung dan mendukung Prabowo-Sandi, salah satunya, karena faktor figur SBY. SBY diketahui pernah menjadi presiden dan kepala pemerintahan selama dua periode. "Ada sosok Pak SBY di sini (kubu Prabowo-Sandiaga) banyak yang ke sana," jelasnya.

Terpisah, pengamat politik dari Point' Indonesia (PI) Karel Susetyo mengatakan, hal yang lumrah SBY dan Prabowo segera menemui ribuan purnawirawan TNI. Apalagi keduanya juga berlatar belakang militer. Sehingga secara psikologis bisa lebih mudah melakukan pendekatan terhadap para purnawirawan. Meminta dukungan terhadap purnawirawan TNI juga pernah dilakukan Prabowo saat Pilpres 2014 lalu.

"Purnawirawan itu tersebar di semua daerah dan semua tingkatan ekonomi. Oleh karena itu tentu saat ini satu suara dukungan harus diraih oleh semua capres," ujar Karel kepada Harian Terbit, Rabu (6/2/2019).

Karel menuturkan, walaupun mendapatkan dukungan dari para purnawirawan. Namun harus diingat bahwa suara purnawirawan tidak bulat dan utuh kepada satu capres saja. Karena selain ke Prabowo, ada juga suara purnawirawan yang ke Jokowi. Apalagi ada juga penggalangan dukungan dilakukan elit purnawirawan yang ada di kubu Jokowi, seperti Bravo 5 oleh Luhut Panjaitan dan Cakra 19 oleh para mantan perwira tinggi.

Pengamat politik dari Institute for Strategic and Development Studies (ISDS) M Aminudin mengatakan, SBY dan Prabowo segera menemui ribuan purnawirawan TNI  karena para purnawirawan dan keluarganya sudah memiliki hak suaara. Hal tentu ini akan bermanfaat meningkatkan elektabilitas Prabowo - Sandi di Pilpres 2019. 

"Jumlah purnawirawan secaar nasional sangat besar. Apalagi ditambah semua keluarganya bisa berlipat tiga. Jadi effectnya bisa menjadi bola salju untuk mendukung Prabowo - Sandi," paparnya.

#SBY   #Prabowo