Hidup Nyaman di Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp700 Juta 

Anu
Hidup Nyaman di Lapas Sukamiskin, Suami Inneke Bayar Rp700 Juta 
Fahmi Darmawansyah dan Inneke Koesherawati

Bandung, HanTer -- Jual beli sel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin terbongkar. Tarif sewa sel mewah bagi tahanan korupsi terungkap dalam persidangan kasus suap izin keluar lapas. 

Terdakwa Fahmi Darmawansyah mengaku merogoh kocek hingga ratusan juta supaya bisa hidup nyaman meski dibui. Fahmi yang merupakan suami dari mantan aktris Inneke Koesherawati mengatakan membayar hingga Rp700 juta untuk mendapatkan sel mewah. 

Menurutnya, duit itu dibayarkan melalui seorang perantara yang juga narapidana di Lapas Sukamiskin. Sel mewah di Lapas Sukamiskin bisa dipesan walau kasusnya masih dalam proses persidangan. Awalnya, Fahmi mendapat informasi terkait sewa sel lapas dari penasihat hukumnya.

"Kalau mau dapat kamar booking dulu," kata Fahmi saat menjadi saksi untuk terdakwa mantan Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husen, di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Rabu (6/2).

Fahmi mengungkapkan, uang muka sewa sel diberikan melalui utusan Fahmi kepada perantara secara tunai sebesar Rp100 juta. Sisa pembayaran dilakukan melalui transfer.

"Awalnya dikasih DP Rp100 juta, setelah itu melalui transfer Rp600 juta," ujarnya.

Setelah kasus suap pengadaan satelit di Badan Keamanan Laut yang melibatkan Fahmi divonis majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, dia lantas masuk bui. Namun, dia sudah mendapat sel mewah begitu tiba di Lapas Sukamiskin.