Jokowi Bantah Isu Jusuf Kalla Dukung Pasangan 02

Anu
Jokowi Bantah Isu Jusuf Kalla Dukung Pasangan 02
Jokowi dan Jusuf Kalla

Jakarta, HanTer -- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dukungan Jusuf Kalla (JK) dalam proses pemenangan pasangan calon (paslon) 01 di Pemilu 2019. Jokowi mengatakan, JK sejak awal telah memberikan dukungannya untuk capres pejawat.

"Jangan sampai ada isu-isu lagi bahwa memang tadi yang saya sampaikan, Pak JK sejak awal membantu dan mendukung kami, Sudah," kata Jokowi di Jakarta, Minggu (4/2).

Penegasan dukungan JK dilakukan melalui gerakan relawan Jenggala Center yang akan membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di 27 provinsi di nusantara. Jenggala Center merupakan basis relawan yang dibentuk JK dan menjadi mesin pemenangan Jokowi-JK dalam pemilu 2014 lalu.

JK mengatakan, Jenggala merupakan kumpulan relawan dari berbagai profesi. Dia mengatakan, relawan itu terbentuk dari berbagai wilayh dan daerah yang menyatakan kesiapannya untuk membantu pemenangan Jokowi-Ma'ruf. "Ini kan sejak 2014 dan kembali seperti 2014," ucapnya dikutip republika.

Jenggala akan memfokuskan diri untuk bergerak dengan menyasar 27 provinsi guna memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dia melanjutkan, ke-27 kawasan itu ditentukan setelah dilakukan konsolidasi dan pemetaan politik nasional.

Provinsi-provinsi itu sengaja dipilih mengingat tingkat keterpulihan paslon 01 masih mandek atau mengalami pasang-surut. Beberapa daerah yang menjadi wilayah operasional Jenggala antara lain Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan hingga Kalimantam Timur.

Sebelumnya, Ketua Tim Nasional Jenggala Center Iskandar Mandji menegaskan JK 100 persen mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf pada pemilu 2019. Ia pun membantah isu bahwa JK mendukung pasangan lain.