Dinyanyikan Penonton di Bioskop, Lagu Indonesia Raya Beresiko Tidak Dihargai

Safari
Dinyanyikan Penonton di Bioskop, Lagu Indonesia Raya Beresiko Tidak Dihargai

Jakarta, HanTer - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan surat imbauan kepada seluruh pemilik bioskop di Indonesia agar penonton menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya' sebelum film diputar.  

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami mengimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film,”  demikian Surat Himbauan Kemenpora Nomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film. 

Pengamat musik Bens Leo mengatakan, tidak masalah penonton menyanyikan lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" sebelum menyaksikan film di bioskop. "Gak papa (lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" dinyanyikan penonton di bioskop)," ujar Bens Leo kepada Harian Terbit, Kamis (31/1/2019).

Menyanyikan lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" bagi penonton di bioskop, sambung Bens, beresiko terhadap lagu kebangsaan tersebut. Lagu Indonesia Raya bisa kurang dihargai penonton. Karena ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya harusnya dihayati secara sepenuh hati. Namun ketika dinyanyikan di bioskop bisa berkurang sakralitasnya.

"Biasanya jika lagu Kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan kan penonton sikap tegap. Nah, kalau di gedung bioskup boleh jadi penontonnya masih hilir mudik cari kursi atau makan popcorn," paparnya.

Menurut Bens, agar tidak terlalu lama saat menyanyikan lagu Indonesia Raya maka bisa dilaksanakan dengan satu stanza. Karena jika menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan 3 stanza maka terlalu lama bagi penonton film di bioskop. Karena pada dasarnya penonton di bioskop mencari kenyamanan saat menyaksikan film. Sehingga enggan untuk diganggu.

"Asal yang satu stanza dulu saja. Kalau yang 3 stanza buat penonton bioskop kelamaan," tegasnya.