Terjerat Kasus di Surabaya; Tempat Penahanan Ahmad Dhani Segera Dipindah

zamzam
Terjerat Kasus di Surabaya; Tempat Penahanan Ahmad Dhani Segera Dipindah

Jakarta, HanTer - Tempat penahanan Ahmad Dhani segera dipindah dari Rutan Cipipang ke salah satu rutan di Jawa Timur. Pemindahan pemusik kontroversial itu karena Kejati Jawa Timur segera mengadilinya terkait kasus penghinaan.

"Kejaksaan sedang berkoordiansi dengan Ditjen Pas dan Pengadilan Tinggi Jakarta untuk mengajukan pemindahan terdakwa Ahmad Dhani Prasetyo ke Surabaya guna menjalani sidang dengan perkara lainnya di Pengadilan Negeri Surabaya," ujar Kapuspenkum Kejagung Mukri di Kejagung, Selasa (29/1/2019).

Sebelumnya Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara dalam perkara ujaran kebencian oleh majelis hakim PN Jakarta Selatan. Amar putusan memerintahkan terdakwa segera ditahan.


Mukri mengakui adanya kasus Ahmad Dhani yakni soal dugaan penyebaran informasi bermuatan penghinaan yang terjadi di Surabaya memunculkan satu problematik sendiri.

"Insya Allah pasti bisa diatasi," ujarnya.  

Kapuspenkum menegaskan rencana pemindahan  didasari dengan telah keluarnya jadwal atau waktu sidang dari Pengadilan Negeri Surabaya. 

"Kejati Jatim sudah kordinasi dengan Ditjen Pas dan Pengadilan Tinggi dari dua perkara ini. Di PN surabaya sudah ada jadwal sidang. Mau tidak mau kita pindahakan ke sana," tegasnya. 

Dia menegaskan dengan pemindahan ini maka proses persidangan di Surabaya bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang dikarenakan terdakwa berada dalam Rutan Cipinang Jakarta. 

"Terdakwa bisa kita bawa ke Surabaya untuk mengikuti sidang di sana. Terdakwa bisa dititipkan di Rutan di Jawa Timur untuk memudahkan menjalani proses sidang di Surabaya, tempat penitipan dimana itu menjadi kewenangan Ditjen Pas dan PT. Yang jelas kita berharap pengajuan pemindahan ini dikabulkan," ujarnya. 

Pada Selasa (29/1/2019) terdakwa Ahmad Dhani mengajukan banding atas vonis Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. "Pada hari ini mengajukan banding atas vonis, maka penahanan beralih ke PT," ujarnya. 

Sementara, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Sunarta, menegaskan tidak terpengaruh sama sekali terhadap status Ahmad Dhani yang kini ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta. 

"Apalagi berkas perkaranya sudah kita limpahkan kepada Pengadilan Negeri Surabaya, ujarnya/

Dia pun menyebutkan pihaknya akan koordinasi dengan Kejari Jakarta Selatan maupun pihak LP Cipinang untuk dapat memindahkan tempat penahanan Ahmad Dhani dari Jakarta ke Surabaya.

"Pemindahan tempat penahanan dimaksudkan guna memudahkan proses sidang terhadap yang bersangkutan dalam kaitannya dengan kasus yang terjadi di Surabaya,” tegasnya.

#Ahmad   #Dhani