Debat Capres Jadi Adu Hapalan

Safari
Debat  Capres Jadi Adu Hapalan

Jakarta, HanTer  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuka peluang untuk mengubah format Debat Capres. Apalagi masih ada empat sesi Debat Capres yang akan digelar. Perubahan format debat dilakukan karena KPU menerima banyak masukan usai menggelar Debat Capres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019) malam. 

"Banyak masukan. Ada yang mengatakan bagus, ada juga yang mengkritik," kata Ketua KPU, Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Arief tak memungkiri ada pihak-pihak yang mengkritik terkait pemberian kisi-kisi pertanyaan debat. Oleh karenanya, KPU masih membuka peluang untuk mengubah format debat berikutnya.

Selain mengkritik penyelenggaraan debat, lanjut Arief, ada juga pihak-pihak yang mengkritik paslon peserta debat. Namun, Arief memaklumi jika dalam kontestasi pasti ada pihak-pihak yang mengkritik.

"Catatan-catatan itu kan biasa. Karena pasti tidak mampu memuaskan semuanya karena ada yang merasa ini udah cukup, ada yang mengatakan ini luar biasa ada yang mengatakan ini kurang baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi kandidat," jelasnya. 

Adu Hapalan

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Bunda Mulia (UBM) Silvanus Alvin mengakui, KPU harus banyak merubah format pada Debat Capres selanjutnya. Alasannya, pada Debat Capres perdana, Kamis (17/1/2019), seperti masakan sup yang hambar karena tidak memakai bumbu penyedap sama sekali. Apalagi pada debat perdana kemarin seperti adu hapalan dan tidak memberikan ruang untuk benar-benar menguji kemampuan para kandidat.

"Semua bicara dalam tataran normatif dan bahkan cenderung abstrak. Tidak ada adu data dalam debat kemarin," ujar Silvanus Alvin kepada Harian Terbit, Jumat (18/1/2019).

Oleh karenanya, sambung Silvanus, KPU perlu meracik ulang skema debat yang baru. Berikan ruang yang lebih luas bagi para kandidat baik capres maupun cawapres dalam meng-explore jawaban mereka. Misalnya cukup pertanyaan pertama saja yang baku. Kemudian selanjutnya berikan format debat semi terbuka. Selain itu biarkan para kandidat saling adu ide dan gagasan sehingga debat tidak terasa hampa.

KPU berencana menggelar lima kali debat pilpres 2019. Debat kedua akan diselenggarakan 17 Februari 2019 dengan mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastuktur dengan format debat antarcalon presiden.

#Debat   #pilpres   #ham   #politik   #kpu