Innalillahi Wa Innailaihirojiun, Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar Tutup Usia

Danial
Innalillahi Wa Innailaihirojiun, Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar Tutup Usia
Pengamat Kepolisian Bambang Widodo Umar

Jakarta, HanTer - Innalillahi wa inna ilahiroji'un telah berpulang ke Rahmatullah suami, ayah, eyang kami tercinta : Bambang Widodo Umar bin Wiryanto, pukul 7.15 WIB di ICU RS Persahabatan. Semoga almarhum diampuni dosa-dosanya, diterangi dan dilapangkan alam kuburnya, diterima amal ibadahnya serta ditempatkan yang terindah di sisi Nya...Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin.

Demikian pesan WhatsApp yang diterima Harian Terbit dari nomor almarhum Bambang Widodo Umar yang disampaikan pihak keluarga.

Bambang Widodo Umar, adalah Pengamat Senior Kepolisian yang juga aktivis antikorupsi Bambang Widodo Umar telah berpulang pada Senin pagi, 14 Januari 2019. Purnawirawan Polri itu meninggal dunia di Rumah Sakit Persahabatan di usia 71 tahun.

Selain itu Akun Twitter Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) @KPK_RI, juga menyampaikan duka cita atas berpulangnya Bambang Widodo Umar. KPK mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kritikan almarhum semasa hidupnya dalam upaya pemberantasan korupsi.

Jenazah Bambang Widodo Umar akan disalatkan setelah Salat Ashar di Masjid Nurul Yaqin, yang berlokasi tak jauh dari kediaman almarhum di Jalan Haji Jeni No 8 RT 04 RW 07, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Almarhum akan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Bambang Widodo Umar yang lahir di Ngawi pada 10 Desember 1947, dikenal kritis dan aktif dalam kegiatan antikorupsi. Selain sebagai pengamat Kepolisian, Bambang merupakan staf pengajar Program Pascasarjana Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia, Dosen di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta dan beberapa perguruan tinggi swasta lain.

Semasa masih aktif di Kepolisian, lulusan Akabri Kepolisian 1971 itu pernah menggagalkan pembajakan pesawat Merpati Nusantara Airlines di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta pada 4 April 1972. Ia pensiun sebagai anggota Polri pada tahun 2001.

Atas pengabdiannya, Bambang Widodo Umar mendapatkan penghargaan Satya Lencana atas kesetiaan mengabdi pada Polri selama 24 Tahun. Selain itu, Bambang Widodo Umar juga mendapatkan Satya Lencana Dwija Sista3. Bintang Bhayangkara Nararya.