Lima Tersangka Kasus Suap IMB Menara Telkom Segera Diadili

safari
Lima Tersangka Kasus Suap IMB Menara Telkom Segera Diadili

Jakarta, HanTer - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan proses penyidikan ke penuntutan terhadap lima tersangka suap pengurusan Izin Prinsip Pemanfaatan Ruang (IPPR) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atas pembangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Mojokerto Tahun 2015.

"Penyidikan untuk lima tersangka telah selesai. Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti, dan lima tersangka suap terkait pengurusan IPPR dan IMB atas pembangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Mojokerto Tahun 2015 ke penuntutan atau tahap dua," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat.

Lima tersangka itu antara lain Direktur Operasi PT Protelindo Onggo Wijaya (OW), Permit and Regulatory Head Tower Bersama Group Ockyanto (OKY), Achmad Suhawi (ASH) seorang wiraswasta atau Direktur CV Sumajaya Citra Abadi, Direktur CV Central Manunggal atau Wakil Bupati Malang 2010-2015 Ahmad Subhan (ASB), dan Nabiel Titawano (NT) dari unsur swasta atau penyedia jasa di PT Tower Bersama Group.

Lebih lanjut, Febri menyatakan bahwa sidang terhadap lima tersangka itu akan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Surabaya.

Adapun jumlah saksi yang telah diperika untuk lima tersangka itu sebanyak 46 orang. Sedangkan para tersangka sekurangnya telah dua kali diperiksa dalam kapasitas sebagai tersangka.