China Rencana Bangun Konsulat di Sulsel

zamzam
China Rencana Bangun Konsulat di Sulsel

Jakarta, HanTer - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) HM Nurdin Abdullah mengatakan Pemerintah China memiliki rencana membangun konsultasi di daerah yang dipimpinnya tersebut.     

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dikutip Antara, Kamis (3/1/2019), mengatakan rencana itu diungkapkan Duta Besar China (Thiongkok) untuk Indonesia Xiao Qian saat diterima secara resmi di Rumah Jabatan Gubernur di Jalan Sungai Tangka Makassar hari ini.     

"Jadi beliau (Dubes) ingin menghidupkan kembali, dulu kan ada konsulatnya di sini, jadi saya mengatakan bahwa memang sangat dibutuhkan. Karena kita karena kalau kita mau ke sana kita kan harusnya ke Jakarta,"katanya.     

Sejauh ini, kata dia, telah ada beberapa konsulat yang sudah hadir di Sulsel seperti Jepang, Australia, Ceko dan Swiss.     

"Dia (Dubes) tadi sudah mengatakan rencana itu sudah bulat, tinggal minta pendapat kita bagaimana kalau ada konsulat ini. Mungkin kita bisa lebih mempermudah semua," ujarnya.     

Jika disetujui, NA menjelaskan tidak usah khawatir dengan tenaga kerja yang asal China karena tenaga kerja yang akan digunakan adalah tenaga kerja lokal.     
Alasannya karena lebih banyak ke infrastruktur, bukan pabrik untuk yang membtuhkan spesifikasi khusus.      

Sementara itu, apa yang akan dilakukan dalam waktu dekat yang bisa dilaksanakan. NA melihat keseriusan pihak Tiongkok.     

"Tapi beliau ini serius sekali, biasanya orang-orang duta-duta besar itu sebelum dia mengunjungi dia sudah pelajari potensi. Makanya dia datang, dia sudah menyampaikan niatnya, bahwa Sulsel ini merupakan daerah yang sangat potensial untuk kita kerjasamakan," jelasnya.     

Sementara, Xiao Qian, mengatakan rencana ini juga dalam rangka menjaga hubungan antara Tiongkok (China) dan Indonesia yang telah terjalin sangat panjang. Dan menilai Pulau Sulawesi memiliki peranan penting dalam hubungannya Indonesia-China.       

Dia juga mendorong investor untuk berinvesatsi di Sulsel. Serta memberikan beasiswa untuk masyarakat Sulsel.