Heru GRN Kecam Kader Demokrat Soal Hoaks Surat Suara Tercoblos

Eka
Heru GRN Kecam Kader Demokrat Soal Hoaks Surat Suara Tercoblos
Heru Budi Wasesa (ist)

Jakarta, HanTer - Ketua Presidium Gerakan Regenerasi Nasional (GRN) Heru Budi Wasesa mengecam sikap Rachland Nashidik Wasekjen Partai Demokrat yang membela koleganya Andi Arief terkait informasi hoax temuan surat suara dalam kontainer yang sudah tercoblos. 

Heru menuturkan Partai Demokrat merupakan peserta pemilu dan mendukung salah satu Capres, melalui Andi Arief kenapa tidak mengecek dulu kebenaran informasi tersebut malah melempar 'bola lambung' ke ranah publik bukan langsung ke lembaga yang terkait dan berwenang.

Heru menuturkan, kubu petahana tidak merasa perlu meminta ke KPU karena memang tidak jelas berita tersebut dan kemungkinan besar dipastikan hoax. Kubu petahana percaya pengawasan dari lembaga penyelengara negara dan aparat cukup ketat terhadap kegiatan yang dapat merusak jalannya pemilu yang jurdil. Oleh karenanya petahana percaya kepada netralitas penyelenggara dan aparat.

"Langkah cepat atau gegabah, karena tidak didahulu oleh cek dan ricek, dengan melabungkan isu yg belum tentu benar ke publik bukannya melapor langsung ke penyelenggara, justru menciptakan desas desus tak berdasar dikalangan masyarakat," kata Heru di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Heru menambahkan, desas desus tentang kontainer berisi surat suara justru yg tidak berdasar tanpa cek dan ricek yang dilempar ke publik bagaikan bola liar justru bisa saja diduga ada maksud tertentu.Sama hal nya, kata dia seperti kasus Ratna Sarumpaet, kenapa tidak dicek pada lembaga atau pihak yang berwenang atas kebenarannya tapi langsung dilempar ke publik sehingga yang terjadi adalah kebohongan besar yang dapat memecah keutuhan bangsa dan jalannya pemilu yang jurdil.

Heru menegaskan petahana adalah peserta Pemilu yang penyelenggaranya adalah KPU dan diawasi oleh Bawaslu serta  masyarakat indpendet dan dilindungi oleh Undang-Undang tentang netralitasnya yang didukung oleh aparat TNI-Polri yang netral.

"Kalau masih tidak percaya dengan penyelengara pemilu ya tidak usah ikut Pemilu. Mestinya kita semua  berhati - hati dalam berucap dan bersikap. Teliti sebelum bertindak karena kita punya tanggung jawab konsekuensi.Agar semua peserta pemilu dan masyarakat bersatu melawan hoax."

"Karena fitnah adalah tuduhan dan ucapan tanpa bukti dan fakta. Siapapun petahana sekalipun jika berusaha mengagalkan Pemilu dengan cara cara yang tidak benar harus dilawan tidak pandang bulu.Kedamaian dan ketentraman milik kita semua," pungkasnya.

#Heru   #GRN   #Suratsuara   #coblos   #pilpres   #kontainer