Sejumlah Tempat Wisata di Ibukota Diserbu

HanTer
Sejumlah Tempat Wisata di Ibukota Diserbu

Hari pertama di tahun 2019, masyarakat menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di beberapa lokasi kota Jakarta. Beberapa tempat wisata di Jakarta seperti di Ragunan, Taman Impian Jaya Ancol, serta Monumen Nasional (Monas) pun ramai dikunjungi pengunjung.

Tercatat sejak pukul 14.00WIB, Selasa (1/1/2019) sebanyak 44 ribu pengunjung telah mengunjungi kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Salah satu alasan padatnya pengunjung yang datang pun tak lain untuk menyaksikan konser artis penyanyi ternama Via Vallen yang sejak siang sudah dipadati oleh penggemar setianya.

"Libur-libur kita jalan-jalan ajak anak keluarga kesini.Sekalian nonton Via Vallen," kata Prapto (44) salah satu warga Cilandak, Jakarta Selatan.

Sebelumnya sempat beredar kabar adanya potensi terjadinya gelombang terjadi di Ancol.Terkait hal itu, Prapto yang mengajak istri beserta ketiga anaknya itu mengaku tak khawatir.

"Sempat dengar yang aneh-aneh, terutama pasca terjadi tsunami di Banten kemarin. Tapi gak bener katanya kan, makanya saya santai aja datang kesini sama keluarga," terang dia.

Wakil Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, mengatakan, dengan kondisi air laut pantai Ancol yang cukup tenang membuktikan bahwa pantai Ancol masih aman dan nyaman bagi seluruh pengunjung.

"Ga ada apa-apa, kondisi di Ancol aman.Masyarakat pun tertarik datang dan menikmati berbagai hiburan disini," katanya di Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Hal tersebut juga turut dipertegas oleh Corporate Communication Manager PT. Taman Impian Jaya Ancol, Rika Lestari. Ia mengatakan, pihaknya telah menyiagakan 55 personil 'life guard' selama 24 jam saat perayaan Tahun Baru pada Senin-Selasa (31 Desember-1 Januari) untuk mengantisipasi gelombang tinggi air laut.

"Kami sudah memiliki pengamanan di pantai, ada tujuh titik pengamanan dan ada tambahan personil 'life guard' sehingga menjadi 55 orang," kata Rika

Sejumlah acara juga disajikan diseluruh unit rekreasi lainnya. Seperti Dinoland di Dufan, Meet and Greet Tayo di Ocean Dream Samudra, Parade di Atlantis Water Adventures, Biota baru jellyfish dan atraksi underwater di SeaWorld Ancol serta pagelaran seni di Pasar Seni Ancol akan menambah keceriaan memyambut tahun 2019

Tak hanya padat di kawasan pantai, para pengunjung juga tampak ada yang menuju Dufan, SeaWorld, Atlantis Water Adventures dan Ocean Dream Samudra, dan juga Pasar Seni.

Sementara itu, kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat masih menjadi tempat wisata favorit masyarakat saat liburan. Kendati kawasan Monas diguyur gerimis, sebagian besar pengunjung masih menyempatkan berfoto dengan latar belakang tugu Monas.

Berbeda dari hari biasanya di mana Monas buka mulai pukul 08.00 - 21.30 WIB. Pada libur tahun baru ini, Monas buka lebih pagi, yakni pukul 07.30WIB dan akan tutup pukul 21.30WIB.

Salah satu pengunjung bernama Ridho (33) asal Bogor mengatakan, ia sengaja meluangkan waktu pergi ke Monas untuk berlibur bersama anak dan suaminya.

Menurutnya, kawasan Monas adalah tempat rekreasi yang menyenangkan bagi anak-anak sekaligus bisa mengedukasi mereka.

"Saya berangkat tadi pagi dari Cirebon sengaja untuk ke Monas. Disini kan saya bisa melihat air mancur menari terus melihat Jakarta dari puncak tugu Monas juga. Anak saya kan masih umur 7 tahun, dia juga bisa ke museumnya," kata Ridho.

"Saya pilih Monas ya karena murah kalau liburan ke sini.Bisa piknik juga sambil bawa makanan dari rumah," lanjut dia.

Ridho mengungkapkan, spot foto terbaik di kawasan Monas adalah tugu Monas."Saya paling suka kalau foto dengan latar belakang (tugu) Monas.Anak saya juga foto di spot itu," ungkapnya.

Pengunjung lainnya bernama Dennis (27) mengaku sengaja datang ke kawasan Monas untuk menikmati sensasi liburan yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya.Pengakuannya, tahun lalu dirinya dan keluarga menghabiskan waktu libur tahun baru ke Bandung.

Dennis pun merasa Monas adalah kawasan liburan yang menyenangkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Disisi lain, jumlah pengunjung tempat wisata Kebun Binatang Ragunan pada hari pertama 2019 membludak. Hal tersebut pun disampaikan oleh Kepala Satuan Pelaksana Promosi dan Pengembangan Usaha Taman Margasatwa Ragunan, I Ketut Widarsana.

Ketut Widarsana menyebutkan bahwa pengunjung ragunan sampai pukul 14.00WIB sudah nyaris sampai 80 ribu orang.Ia meyakini kalau wisatawan akan terus bertambah hingga penutupan yang dilakukan pada pukul 17.00WIB.

"Sangat tinggi ya.Sampai jam 2 tadi, pengunjung sudah hampir 80 ribu," ujar I Ketut Widarsana di Jakarta, Selasa (1/1/2018).

"Ini kemungkinan bertambah akan sangat mungkin, karena sekarang masih mengantre terus, mengular terus ke belakang," tambahnya.

Padatnya pengunjung tempat wisata Ragunan pun sudah diantisipasi oleh pihak Kebun Binatang Ragunan, yakni dengan menambah jumlah personel yang bertugas, serta berkoordinasi dengan instansi yang bertugas, seperti kepolisian, Dishub dan Satpol PP.

"Sebenarnya sih semua kita kerahkan ya.Potensi kita kerahkan, baik dari jumlah petugasnya personilnya kita tambah dari hari biasa.Kantong-kantong parkir juga kita siapkan.Dari segi koordinasi dengan instansi terkait pun kita lakukan, dibantu oleh banyak instansi, kepolisian, Dishub, Satpol PP untuk kelancaran hari ini," paparnya.