Longsor Sukabumi, 15 Orang Tewas dan 20 Orang Hilang

sammy
Longsor Sukabumi, 15 Orang Tewas dan 20 Orang Hilang
Petugas gabungan dan warga mengevakuasi reruntuhan rumah yang longsor di kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi

Jakarta, HanTer - Korban meninggal dunia akibat longsor di Dusun Garehong Desa Sirnaresmi Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (31/2), menjadi lima orang mencapai 15 orang. Sementara, 20 orang lainnya yang masih hilang.Sebanyak 63 orang dinyatakan selamat dari bencana tersebut.

"Dari 101 jiwa yang tertimbun tercatat 63 orang selamat, 3 orang luka-luka dan dirujuk ke RS Pelabuhan Ratu, 15 orang meninggal dunia dan 20 orang masih dalam pencarian," kata  Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/1).

Sebelumnya dilaporkan ada 107 korban yang tertimbun. Namun, data itu dikoreksi menjadi 101 orang, 32 Kepala Keluarga (KK), dan 30 unit rumah yang tertimbun. Itu didapat setelah dilakukan pendataan dengan melibatkan aparat desa dan tokoh masyarakat.

Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, SKPD, relawan dan masyarakat terus melakukan pencarian terhadap korban yang diduga masih tertimbun longsor.

Pencarian masih dilakukan secara manual karena alat berat sulit didatangkan di lokasi bencana. Sebanyak tiga alat berat sudah disiapkan, namun masih sulit didatangkan ke lokasi karena akses jalan yang sempit, berbukit dan medan yang berat.