Kotak Suara Bahan Kardus Menghina Demokrasi

- Rabu, 8 Februari 2023 | 13:00 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024

HARIANTERBIT.com - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, penggunaan kotak suara berbahan kardus di Pemilu 2024 terkesan main-main. Padahal pemilu adalah hajatan besar yang mengundang partisipasi dari rakyat dan mengeluarkan anggaran yang besar.

"Ini terkesan main-main. Menurut saya aneh, menghina demokrasi. Anggarannya triliunan masak nggak sanggup," tutur Adi belum lama ini.

Adi menekankan, pentingnya kotak suara berbahan kokoh supaya suara tidak mudah disabotase. "(Kotak suara kardus) rentan disabotase, terkena hujan, dan lain-lain," jelas pengamat dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Baca Juga: MUI: Langsungkan Pernikahan Beda Agama Bakal Dihukum

Sementara pengamat dan pemerhati Sosial Politik Frans Immanuel Saragih mengatakan, untuk meningkatkan kualitas demokrasi ada baiknya kotak suara juga perlu diperhatikan. Pengalaman Pemilu 2019 bagaimana kotak kardus yang rusak terendam air maka perlu dipikirkan bagaimana dengan kotak transparan dengan bahan fiber atau sejenisnya.

"Negara - negara di dunia yang mengutamakan demokrasi sudah banyak menggunakan model kotak seperti ini. Jadi tidak ada salahnya kita mengikuti tradisi yang baik. Semua berpulang kepada Panitia Pemilu...ingin menggunakan kotak suara seperti apa, dan tugas masyarakat untuk mengawasinya," jelasnya kepada Harian Terbit, Selasa (7/2/2023).

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggunakan kotak suara kardus di Pemilu 2024. Komisioner KPU Yulianto Sudrajat berkata kotak suara kardus yang digunakan berbeda dengan versi Pemilu 2019. KPU akan memperbaiki kualitas bahan kotak suara.

Baca Juga: Pengamat: Jika Bayar Beratkan Warga, TransJakarta: Melintasi Skywalk Kebayoran Lama Gratis

"Kami mempertimbangkan menempuh kebijakan kotak suara yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan Pemilu 2024 berbahan karton dupleks kedap air seperti di Pemilu 2019. Namun, dari spesifikasi barangnya besok akan kami perkuat," kata Sudrajat, Rabu (28/12/2022). Safari

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Sandiaga Uno Yakin Lulus Ospek PPP: Insyaa Allah

Sabtu, 10 Juni 2023 | 09:24 WIB
X