Sudah Meresahkan Warga Makin Merajalela, Polisi Diminta Sikat Habis Gangster

- Rabu, 7 Desember 2022 | 14:24 WIB
Ilustrasi gengster meresahkan warga (Ardhi)
Ilustrasi gengster meresahkan warga (Ardhi)

HARIANTERBIT.com - Fenomena gangster kembali marak belakangan ini. Aksi gengster ini mulai marak di sejumlah kota-kota besar seperti, Surabaya, Badung, Jakarta, Medan, dan Makassar. Aksi mereka sangat meresahkan warga. Apalagi dalam aksinya gangster tersebut tidak segan membunuh dan menganiaya para korbannya.

Pengamat Terorisme dan Intelijen dari The Community of Ideological Islamic Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya mengatakan, banyak faktor yang membuat keberadaan gangster kembali marak belakangan ini. Di antaranya adalah masalah ekonomi yang semakin sulit. Apalagi pasca dihantam pandemi Covid-19 banyak perusahaan yang gulung tikar.

"Mungkin indikasi krisis ekonomi. Banyak kalangan bawah yang semakin nekat karena himpitan ekonomi," ujar Harits Abu Ulya kepada Harian Terbit, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sukses Bawa Jateng Terima Penghargaan Predikat A Reformasi Birokrasi 5 Kali

Krisis ekonomi, sambung Harist, membuat stres sosial. Banyak di antara masyarakat yang mengalami stres imbas dari krisis ekonomi. Sehingga akal sehat kadang diabaikan demi memenuhi kebutuhan ekonomi. Jika urusan perut banyak masyarakat tidak berpikir logis.

Harist mengatakan, untuk mengatasi keberadaan gangster, Harist memberikan saran, yakni sikat habis keberadaan gangster. Selain itu jangan beri peluang eksisnya gangster di masyarakat. Negara juga harus hadir untuk mengatasi fenomena gangster. Jangan beri peluang gangster semakin besar dan merajalela.

"Negara juga harus harus secara komfrehensif untuk mengatasi gangster. Negara harus hadir untuk membawa rakyat dan negara keluar dari zona resesi atau krisis diberbagai bidang," tandasnya.

Baca Juga: Begini Kronologi Pembunuhan Brigadir J Versi Ferdy Sambo di PN Jaksel

Menggangu

Sementara itu, Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santosa mengatakan, munculnya kelompok gangster yang anggotanya berisi anak -anak remaja bukan muncul secara alamiah. Munculnya gangster merupakan satu fenomena ada yang menggerakkan kelompok ini secara sistematis dengan tujuan mengganggu ketertiban umum agar menimbulkan rasa takut pada masyarakat.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi Dukung Anies, Daya Tawar Demokrat Naik

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:34 WIB

Resmi Dukung Anies, Pengamat Sebut Demokrat Konsisten

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:24 WIB

Inilah Penjelasan Desa Baduy Yang Dikunjungi Anies

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:49 WIB
X