• Selasa, 7 Februari 2023

Laksdya Amarullah Oktavian Calon KASAL yang Mampu Lanjutkan Visi Misi Yudo Margono

- Senin, 5 Desember 2022 | 16:03 WIB
Laksdya Amarullah Oktavian
Laksdya Amarullah Oktavian

HARIANTERBIT.com - Selangkah lagi Laksamana Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI pilihan Presiden dan telah disetujui Komisi 1 DPR. Membawa Keberlanjutan Visi Misi Panglima TNI sebelumnya Jenderal Andika, dimana Laksamana Yudo Margono menitik beratkan pada persoalan eksternal dan internal yang menjadi tugas TNI kedepan.

Hal tersebut disampaikan Yaser Hatim, Direktur eksekutif Pusat analisis keamanan nasional (PASKAMNAS) yang menjelaskan bahwa persoalan eksternal antara lain, dinamika geopolitik mulai dari perang ukraina-rusia, konflik China -Taiwan, sengketa perbatasan India - China, Ketegangan di Semenanjung Korea, Sengketa Laut Cina selatan yang melibatkan beberapa negara Asean termasuk Indonesia dan Asia Timur dan perang dagang yang masih berlangsung antara Amerika - China.

Baca Juga: KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO, Ada Jejak Erick Thohir dan Boy Thohir?

"Belum lagi pembentukan blok-blok kerjasama keamanan maupun ekonomi seperti AUKUS, BRICS dan masalah keanggotaan baru NATO yang ditentang beberapa negara yang terancam, sehingga membuat dinamika kondisi geopolitik maupun geoekonomi semakin memanas," ujar Yaser kepada wartawan, Senin 5 Desember 2022.

Lanjutnya, persoalan internal TNI yang masih membutuhkan perhatian antara lain, Penguatan Reformasi Cultural TNI agar selalu humanis dan dihati rakyat, Modernisasi Alusista, Kesiapsiagaan prajurit dan satuan operasi tempur tiap Matra dan antar matra Kogabwilhan.

"Operasi Militer Selain perang juga menjadi perhatian Laksamana Yudo Margono seperti membantu pemerintah dan rakyat menghadapi pandemi covid, mengawal distribusi kelangkaan bbm, memperkuat ketahanan pangan, serta penguatan diplomasi pertahanan untuk penyelesaian sengketa perbatasan yang masih menjadi PR bangsa dan negara Indonesia," ulasnya.

Baca Juga: Proyek Food Estate Prabowo Terancam Mangkrak, Tak Ada Petaninya

Dengan demikian Panglima TNI yang baru, kata dia membutuhkan KASAL dengan kriteria yang dapat membantu dan memperkuat kerja-kerja Panglima yaitu, menguasai diplomasi pertahanan maritim dan menguasai operasi militer di laut.

"Sosok yang memenuhi pengganti KASAL mengerucut pada dua pilihan calon KASAL yaitu Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono WAKSAL dan Laksdya TNI Amarullah Oktavian/Rektor Universitas Pertahanan," ujarnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1 Ramadhan 23 Maret dan Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:05 WIB

Duet Anies-Khofifah Bisa Menangi Pilpres

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:58 WIB

Demokrasi di Indonesia Terancam Masuk Jurang

Senin, 6 Februari 2023 | 12:05 WIB
X