BMKG Diharap Aktif Sampaikan Mitigasi Bencana Jelang Nataru

- Kamis, 1 Desember 2022 | 17:09 WIB
Ilustrasi. Hujan di jalan membasahi jendela kendaraan.  (yuli)
Ilustrasi. Hujan di jalan membasahi jendela kendaraan. (yuli)

HARIANTERBIT.com - Anggota Komisi V DPR RI, Bob Andika Mamana Sitepu, meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus menyampaikan kepada masyarakat maupun stakeholder terkait, termasuk Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pengelola transportasi baik darat, laut maupun udara, mengenai mitigasi bencana yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya. Mengingat, Indonesia akan menghadapi potensi cuaca ekstrim menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal itu disampaikan Bob dalam Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi V DPR RI yang melakukan pertemuan dengan kementerian/lembaga terkait, Kepala Kantor AirNav Indonesia, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Dirut PT Angkasa Pura II, PT AP Aviasi & GMR, PT Pelindo, PT Pelni, PT ASDP, BMKG dan Basarnas beserta jajaran di Medan, Sumatera Utara.

"Kita menyampaikan kepada BMKG supaya menyampaikan kepada mitra-mitra kita, bahwa jika ada titik-titik bencana supaya persiapan Basarnas dan juga mitra kita, seperti BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional) atau BWS (Balai Wilayah Sumatera) supaya mereka tahu untuk melakukan persiapan-persiapan (mitigasi bencana)," ujar Bob, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga: Kemenkes Diminta Tingkatkan Capaian Imunisasi di Luar Jawa-Bali

Lebih lanjut, dalam Kunspik tersebut, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini menilai kesiapan stakeholder di Sumatera Utara dalam menghadapi Nataru 2022 dan Tahun Baru 2023 sendiri sebenarnya sudah siap. Meski begitu, pihaknya terus meminta komunikasi antar-stakeholder untuk terus ditingkatkan.

"Intinya sebenarnya perlu komunikasi saja antar balai-balai memberikan informasi. BMKG kan mempunyai info-info di teknologi yang bagus. Mungkin mitra kita, seperti Balai Kementerian PUPR perlu diberi tahu juga informasi terkait teknologi, seperti yang disampaikan BMKG. Kan ada teknologi yang kita bisa melihat perkiraan cuaca segala macam lewat WA (whatsapp), diberitahukan lewat BMKG kepada mitra-mitra kita," jelasnya.

Terakhir, Legislator Dapil Sumatera Utara II berharap, pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sumatera Utara nantinya dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, para penumpang yang melakukan perjalanan, baik darat, laut, maupun udara dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Jadi Calon Tunggal Panglima TNI, Laksamana Yudo Harus Mampu Wujudkan Poros Maritim Dunia

"Kita berharap Nataru ini tidak terjadi apa-apa. Kita harapkan berjalan dengan sukses, dan kita harapkan selama Nataru ini mudah-mudahan tetap penumpang-penumpang yang melaksanakan perjalanannya khususnya melalui udara, darat ataupun laut tetap melaksanakan protokol kesehatan," tutupnya. ***

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hendra Kurniawan Dituntut 3 Tahun Penjara

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:14 WIB

Kala Gibran Pamer Foto Bareng Maskot Jakarta

Jumat, 27 Januari 2023 | 15:29 WIB

Polri: Terorisme Masih Menjadi Ancaman Pemilu 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:11 WIB

Resmi Dukung Anies, Daya Tawar Demokrat Naik

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:34 WIB

Resmi Dukung Anies, Pengamat Sebut Demokrat Konsisten

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:24 WIB
X