Ketua DPR Sebut TNI AL Butuh Banyak Kapal Perang Untuk Jaga Kedaulatan NKRI

- Rabu, 30 November 2022 | 14:51 WIB
Ketua DPR Puan Maharani didampingi Kasal, Kapolri, Kasad, Kasau, Anggota 1 BPK RI N.Adhi Suryadyana, serta Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di KRI Alugoro-405 (Dispenal)
Ketua DPR Puan Maharani didampingi Kasal, Kapolri, Kasad, Kasau, Anggota 1 BPK RI N.Adhi Suryadyana, serta Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono di KRI Alugoro-405 (Dispenal)

HARIANTERBIT.com - Ketua DPR RI Puan Maharani, menyatakan, Indonesia masih membutuhkan banyak kapal perangan untuk TNI Angkatan Laut untuk mendukung Indonesia menjadi maritim.

"Saya tentunya akan terus mendukung bahwa kita adalah negara maritim dan negara kelautan sehingga diperlukan banyak lagi kapal-kapal perang TNI Angkatan Laut (TNI AL). Hal ini tentunya bisa menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) jikalau ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengganggu kedaulatan NKRI," kata Puan yang menjadi warga kehormatan Hiu Kencana di dalam KRI Alugoro-405 saat berlayar di perairan Teluk Jakarta.

Puan menambahkan, bahwa tentu saja DPR RI mendukung pembangunan pertahanan Minimum Essential Force (MEF) sampai 2024, dan itu harus mencapai semaksimal mungkin targetnya, kalaupun kemudian tidak tercapai karena waktunya sudah sangat singkat mengingat sekarang sudah 2022 menuju 2024, tentu saja DPR akan mendorong agar sebelum tahun 2024 hal-hal yang harus diselesaikan maka harus segera diselesaikan, karena untuk menyelesaikan MEF tentu saja membutuhkan waktu dan upaya yang cukup panjang, jadi pasca 2024 harapannya semua hal terkait menjaga pertahanan dan keamanan serta kedaulatan melalui TNI di tiga matra harus kita utamakan.

Baca Juga: Didatangi Brigadir J Lewat Mimpi, Bharada E Akhirnya Bongkar Rekayasa Ferdy Sambo

"Menyikapi Indonesia negara bebas aktif jadi membuka peluang untuk menjalin kerjasama dengan semua negara, namun tentu saja disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di Indonesia seperti mempersiapkan alutsista yang sesuai demografi dan geografi dimana Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh laut", kata Ibu Puan Maharani.

Kepala Sataf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan penyematan brevet Hiu Kencana dengan mengenakan baret dan seragam serba hitam di KRI Alugoro sebagai warga kehormatan kapal selam merupakan sebuah kebanggaan.

Penyematan yang diberikan kepada Ketua DPR RI beserta lima pejabat negara lainnya merupakan bentuk penghargaan yang diberikan TNI AL atas jasa-jasanya yang telah ikut memajukan dan mengembangkan Korps Hiu Kencana TNI AL.

Baca Juga: Selain Rencanakan Pembunuhan, Bharada E Bongkar Skenario Ferdy Sambo soal Kematian Brigadir J

"Harapan kami, kita semua bersama-sama sebagai keluarga besar kapal selama ikut bertanggung jawab, dalam pengembangan kekuatan maupun kemajuan TNI AL khususnya kapal selam di masa depan menjadi lebih kuat dan besar," kata Laksamana Yudo. ***

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Begini Cara Lindungi Data Diri Dalam Pelayanan Publik

Selasa, 7 Februari 2023 | 20:19 WIB

Jokowi: Buronan Korupsi Pasti Ditemukan

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:02 WIB

1 Ramadhan 23 Maret dan Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:05 WIB

Duet Anies-Khofifah Bisa Menangi Pilpres

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:58 WIB
X