Pengamat Energi Beri A Plus Kebijakan Transisi Energi Erick Thohir

- Rabu, 30 November 2022 | 13:12 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir

HARIANTERBIT.com - Menteri BUMN Erick Thohir dipuji kalangan pengamat energi atas komitmen transisi energi berkelanjutan. Mereka memberikan nilai A plus atas kebijakan BUMN khususnya BUMN energi.

Direktur Eksekutif Institut Kajian Energi, Akhmad Yuslizar mengatakan kebijakan energi hijau adalah keharusan dan tak bisa dihindari.

"Indonesia sudah menetapkan target emisi net zero pada 2060 dan pengurangan 32 persen emisi pada 2030. Jadi langkah Pak Erick Thohir sudah sangat tepat dan bener mengembangkan transisi energi ekosistem BUMN," kata Akhmad Yuslizar yang biasa dipanggil Yos.

Baca Juga: Survei Median: Prabowo Kalahkan Anies dan Ganjar, Elektabilitas Airlangga Hartarto 1,1 Persen

Yos memberi contoh kebijakan transisi energi Erick Thohir seperti regasifikasi gas kerjasama antara PGN dan PLN yang sedang berjalan. Direncanakan 10 pembangkit akan segera diregasifikasi. Pembangkit itu berada di koridor Sulawesi dan Nusa Tenggara.

Lalu lanjut Yos, ada PT Bukit Asam Tbk yang bekerja sama dengan PT Jasa Marga mewujudkan energi ramah lingkungan dengan membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di jalan Tol Bali Mandara.
Kemudian juga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station.

"Di G 20 transisi energi yang dilakukan Indonesia ini mendapat perhatian dunia. Bahkan negara maju bersedia untuk mendanai hingga 20 miliar dolar AS untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi di Indonesia, khususnya untuk meninggalkan penggunaan batu bara sebagai sumber energi, " tandas Yos.

Baca Juga: KPK Pantau Investasi Telkomsel ke GOTO

Selain itu, bekas wartawan senior ini mengungkap Menteri BUMN Erick Thohir menginisiasi dibentuknya PT Industri Baterai Indonesia / Indonesia Battery Corporation (IBC) pada Maret 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Cara Lindungi Data Diri Dalam Pelayanan Publik

Selasa, 7 Februari 2023 | 20:19 WIB

Jokowi: Buronan Korupsi Pasti Ditemukan

Selasa, 7 Februari 2023 | 19:02 WIB

1 Ramadhan 23 Maret dan Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:05 WIB

Duet Anies-Khofifah Bisa Menangi Pilpres

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:58 WIB
X