• Senin, 5 Desember 2022

Minta Orang Kaya Tidak Bebani BPJS Kesehatan, Menkes Dikecam dan Harus Minta Maaf

- Jumat, 25 November 2022 | 11:11 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin

HARIANTERBIT.com - Pernyataan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin yang meminta agar masyarakat mampu tidak membebani BPJS Kesehatan menjadi kontraversi di masyarakat. Ada yang setuju dengan pernyataan Menkes tersbut, ada juga yang tidak setuju dengan alasan BPJS Kesehatan adalah kewajiban setiap warga negara.

"Karena BPJS Kesehatan adalah kewajiban maka semua menikmati BPJS Kesehatan," ujar Iskandar Sitorus,pengamat Sistim Kesehatan kepada Harian Terbit, Kamis (24/11/2022).

Iskandar mengakui orang kaya menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan terkesan kurang pas, namun ada aturan yang dikeluarkan, setiap warga negara wajib memiliki BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Guntur: Apa Salah Anies Kepada Jokowi? Rizal Ramli: Ada Dendam Khusus

"Ketika negara mewajibkan setiap warga memiliki BPJS Kesehatan, yang kaya, miskin, menengah, kaya raya, super kaya raya, tentu haknya sama, tidak bisa dibeda-bedakan. Apalagi orang kaya itu membayar dengan mandiri dan iurannya lebih besar,” ujar Iskandar.

Tapi, sambung Iskandar, kalau Menkes mengatakan semua sama mendapat fasilitas BPJS sebesar iuran atau preminya maka itu adalah pernyataan yang benar.

Iskandar pun berharap Menkes jangan asal bicara seakan- akan humanis atau mencari popularitas tapi akhirnya keliru ketika menyampaikan pernyataan karena harus menabrak perasaan-perasaan yang tidak penting. "Jadi Menkes Budi Gunadi Sadikin mengkaji ulang pernyataannya dan segera meminta maaf," tegasnya.

Tidak Adil

Sementara itu mantan Komisioner Ombudsman RI, Alvin Lie mengatakan, Menkes yang meminta agar masyarakat mampu tidak membebani BPJS Kesehatan merupakan pernyataan tidak adil sehingga telah melukai perasaan warga yang rajin membayar iuran BPJS Kesehatan.

"Pernyataan Menkes tidak adil dan melukai perasaan kami yang selama ini disiplin bayar iuran walau sama sekali tidak pernah gunakan hak peserta. Apa alasan kami dianggap membebani BPJS? Kami justru meringkankan beban BPJS? Bertahun-tahun saya jadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri,” kata Alvin Lie, Kamis (23/11/2022).

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi, Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 Hari

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:35 WIB

Din Syamsuddin di UAD: Wasatiyat Islam adalah Solusi

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:19 WIB

Gempa Susulan Guncang Garut Berkekuatan Magnitudo 3,3

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:30 WIB

Wakil Ketua MPR: Tantangan TNI Semakin Besar ke Depan

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:03 WIB
X