• Senin, 5 Desember 2022

‘Anies Effect' Jelang Kontestasi Pilpres 2024, Gelombang Dukungan Semakin Tidak Terbendung

- Jumat, 25 November 2022 | 10:59 WIB
Calon Presiden Nasdem Anies Baswedan menghadiri Silaturahmi Akbar Kebangsaan bersama Petinggi Partai Nasdem di depan Istana Maimun Medan, Jumat (4/11/2022).
Calon Presiden Nasdem Anies Baswedan menghadiri Silaturahmi Akbar Kebangsaan bersama Petinggi Partai Nasdem di depan Istana Maimun Medan, Jumat (4/11/2022).

HARIANTERBIT.com - Bakal calon presiden (Bacapres) dari partai NasDem Anies Baswedan belakangan ini gencar bersafari politik ke beberapa daerah. Dukungan demi dukungan kerap diraup guna berlaga di kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Kebijakan Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul mengatakan, pasca ditetapkan sebagai capres, Anies sangat percaya disokong sepenuhnya oleh NasDem.

"Walaupun tiketnya belum 100 persen, tetapi saya kira safari politik dalam artian komunikasi politik itu sangat penting," kata Adib di Jakarta, Kamis (24/11/2022).

Menurut pengajar Universitas Syekh Yusuf (Unis) Tangerang ini, safari politik karena memang Anies harus menemukan simpul-simpul dukungan politik di berbagai lini.

Baca Juga: Bareskrim Polri Usut Dugaan Korupsi Pembelian Tanah Cengkareng

"Jadi seolah-olah, memang kalau saya lihat Anies ini sudah kampanye. Di berbagai daerah dia menemui tokoh maupun masyarakat," imbuhnya.

"Dalam perpektif besar, Anies memang harus menemukan konfigurasi politik begitu. Titik-titik simpul itu dia kaitkan ibarat melakukan dan menemukan puzzle politik," tandasnya.

Hal tersebut, minimal buat Anies sendiri secara pribadi yang diusung oleh NasDem. Dan dalam lingkungan internal antara NasDem dan Anies menemukan ritme-ritme dan rute.

"Tetapi terlebih dahulu adalah menemukan puzzle-puzzle politik dalam rangka menemukan konfigurasi politik," imbuhnya.

Baca Juga: Elektabilitas Airlangga Hartarto Rendah, Suara Golkar Bakal Rontok di Pemilu 2024, Lembaga Survei Dituding Ini

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resmi, Tanggap Darurat Erupsi Semeru Selama 14 Hari

Minggu, 4 Desember 2022 | 21:35 WIB

Din Syamsuddin di UAD: Wasatiyat Islam adalah Solusi

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:19 WIB

Gempa Susulan Guncang Garut Berkekuatan Magnitudo 3,3

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:30 WIB

Wakil Ketua MPR: Tantangan TNI Semakin Besar ke Depan

Jumat, 2 Desember 2022 | 21:03 WIB
X