• Jumat, 9 Desember 2022

Buntut Ucapan Miras Minuman Rasulullah, Sule, Budi Dalton dan Sasongko Dipolisikan

- Kamis, 24 November 2022 | 11:41 WIB
Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh ketua Ampera, Syahrul Rizal, Rabu, 23 November 2022 buntut dari penistaan agama (dok, YouTube Fikri Al Ghifari)
Sule, Mang Saswi dan Budi Dalton resmi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh ketua Ampera, Syahrul Rizal, Rabu, 23 November 2022 buntut dari penistaan agama (dok, YouTube Fikri Al Ghifari)

HARIANTERBIT.com - Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (Ampera) polisikan Komedian Sule, Budi Dalton, dan Sasongko Widjanarko alias Mang Saswi ke Polda Metro Jaya. Laporan ini terkait pernyataan ‘Miras minuman Rasulullah’.

"Ketiga nama ini kami anggap telah menyinggung perasaan umat beragama, khususnya umat Muslim," kata Ketua Ampera Syahrul Rizal, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (23/11/2022).

Laporan diterima Polda Metro Jaya dengan nomor STLP/B/5984/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA. Dalam laporannya itu pelapor melaporkan Sule, Budi Dalton, dan Mang Saswi terkait Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45A ayat 2 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang ITE. Selain itu, ketiganya juga dilaporkan terkait Pasal 156 KUHP jo Pasal 156A KUHP.

Baca Juga: Koalisi Gerindra-PKB Bakal Bubar, Pengamat: Diduga Terkait Skandal ‘Kardus Durian’

Menurut Syahrul, Sule dan Mang Saswi memang tak mengucap seperti Budi Dalton. Namun karena keduanya tertawa dengan apa yang disampaikan Budi Dalton, pihaknya beranggapan keduanya setuju dengan ucapan Budi Dalton.

"Mereka secara refleks tertawa dan kami anggap ikut terlibat. Di situ sama halnya dia membenarkan dan mengiyakan. jadi kami anggap terlibat," kata dia.

Menurut Syahrul, pernyataan Budi Dalton bermuatan suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA. Syahrul mengatakan, pernyataan itu dinilai menyinggung umat Islam.

"Dari laporan ini ketiga orang ini kami merasa bahwa dari pernyataan yang disiarkan lewat YouTube itu mengundang SARA di mana Budi Dalton secara sadar ada kesengajaan di situ mengatakan bahwa miras adalah minuman Rasulullah," kata dia.

Baca Juga: Kisah Kakek Ma’Mun, Korban Selamat dari Gempa Karena Baca Al-Qur’an dan Zikir, Dewi Melahirkan di Pengungsian

Dalam kesempatan sama, kuasa hukum Syahrul, Muhammad Mu'alimin menyampaikan pihaknya pun telah menyertakan sejumlah barang bukti untuk mendukung laporan tersebut.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tersangka Suap, KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh

Jumat, 9 Desember 2022 | 06:46 WIB

KPK Sebut Penyelidikan Formula E Masih Berjalan

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:50 WIB

Duka Masih Menyelimuti Keluarga Korban Bom Bandung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:31 WIB
X