• Jumat, 9 Desember 2022

Koalisi Gerindra-PKB Bakal Bubar, Pengamat: Diduga Terkait Skandal ‘Kardus Durian’

- Kamis, 24 November 2022 | 11:37 WIB
Prabowo Subianto kembali nyapres pada pilpres. (YouTube - Gerindra TV)
Prabowo Subianto kembali nyapres pada pilpres. (YouTube - Gerindra TV)

HARIANTERBIT.com – Skandal "kardus durian" dalam proyek program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah Transmigrasi (PPIDT) yang diduga menyeret mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar (Cak Imin) disebut menjadi salah satu penyebab bakal bubarnya koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.

Selain itu, juga adanya wacana akan dipasangkannya Prabowo Subianto dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

"Koalisi PKB-Gerindra akan rontok di tengah jalan. Prabowo berpaling dari Cak Imin karena diduga kasus hukum yang diduga menjerat Cak Imin,” ujar Aminudin kepada Harian Terbit, Rabu (23/11/2022).

Baca Juga: Kisah Kakek Ma’Mun, Korban Selamat dari Gempa Karena Baca Al-Qur’an dan Zikir, Dewi Melahirkan di Pengungsian

Sementara itu, Direktur Political Public and Policy Studies (P3S) Jerry Massie mengatakan, bisa jadi dugaan kasus ‘kardus durian’ yang diduga menjerat Cak Imin sehingga Gerindra berpaling dari PKB. Karena kasus hukum itu yang bisa menjegal Prabowo jika keduanya berpasangan pada Pilpres 2-24.

"Salah satu pimpinan KPK menyatakan akan membuka ulang kasus kardus duren ini. Upaya PKB bisa jadi bom waktu bagi Prabowo," ungkapnya.

Sejumlah aktivis yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Amankan Muhaimin Iskandar (AGAMIS) juga meminta KPK untuk tidak mengulur-ulur waktu menuntaskan kasus ‘kardus durian’ yang menyeret Cak Imin.

Mereka juga menyerukan menolak lupa kardus duren cak imin dan gaungkan tagar #kardusdurenimin. "Ingat kardus durian jadi ingat cak imin," cletuk demonstran.

Gelar Perkara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut telah melakukan gelar perkara atau ekspose skandal "kardus durian" dalam proyek program PPIDT yang diduga menyeret mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tersangka Suap, KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh

Jumat, 9 Desember 2022 | 06:46 WIB

KPK Sebut Penyelidikan Formula E Masih Berjalan

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:50 WIB

Duka Masih Menyelimuti Keluarga Korban Bom Bandung

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:31 WIB
X