Survei Indekstat: Elektabilitas Puan Maharani 2,6 Persen, Airlangga Hartarto 0,3 Persen

- Senin, 7 November 2022 | 05:55 WIB
Kolase foto elektabilitas Airlangga Hartarto dan Puan Maharani masih berada jauh di antara capres lainnya. Sumber foto: Kemenko Perekonomian dan DPR.go.id
Kolase foto elektabilitas Airlangga Hartarto dan Puan Maharani masih berada jauh di antara capres lainnya. Sumber foto: Kemenko Perekonomian dan DPR.go.id

HARIANTERBIT.com - Seperti survei politik lainnya, hasil survei dari Indekstat Indonesia merekam tiga besar elektabilitas tetap ada di tangan Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Sementara, elektabilitas Puan Maharani hanya 2,6 persen dan elektabilitas Airlangga Hartarto 0,3 persen.

Survei Indekstat Indonesia yang dilakukan pada 10 hingga 19 Oktober 2022 menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo menempati posisi elektabilitas tertinggi sebagai tokoh calon presiden 2024 dengan raihan skor sebesar 28,1 persen.

Baca Juga: Mesin Politik Mogok, Elektabilitas Golkar Rontok, Banyak Internal Partai Tolak Airlangga Hartarto Capres

Elektabilitas tertinggi kedua ditempati oleh Prabowo Subianto dengan elektabilitas sebesar 22,1 persen, disusul oleh Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 17,3 persen dalam peta elektoral 10 tokoh potensial yang disodorkan melalui pertanyaan tertutup.

"Jadi, jika pemilihan umum (pemilu) diadakan sekarang tidak ada perubahan yang cukup masif terjadi terkait elektabilitas tokoh–tokoh yang ada. Ganjar, Prabowo dan Anies masih menjadi tiga kandidat terkuat dengan elektabilitas tertinggi saat ini," kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri di Jakarta, dikutip Senin, 7 November 2022.

Baca Juga: Kinerja DPR di Bawah Puan Maharani Makin Buruk: Ini Datanya

Kemudian, di bawah tiga nama tersebut, Ridwan Kamil menempati urutan keempat dengan elektabilitas sebesar 8,7 persen, disusul Sandiaga Uno dengan raihan 4,8 persen, lalu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 2,9 persen dan Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 2,6 persen.

Kemudian raihan elektabilitas berturut-turut berikutnya ditempati oleh Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) sebesar 1,6 persen, lalu Erick Thohir 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 0,3 persen. Sedangkan, pemilih yang belum menentukan pilihan sekitar 10,5 persen.

“Temuan menarik dalam survei kami adalah sejak setahun lalu di Oktober 2021, sebanyak 80 persen pemilih di Indonesia sudah menentukan pilihan calon presidennya dan semakin mengerucut hingga hari ini ke tiga calon," katanya.

Baca Juga: Erick Thohir Sosok Paling Kuat Dampingi Ganjar Sebagai Wapres di KIB

Indekstat Indonesia kemudian mengerucutkan tiga tokoh potensial capres 2024, di mana dalam simulasi tiga nama itu pun elektabilitas Ganjar tetap menempati posisi teratas, disusul Prabowo dan Anies.

"Elektabilitas Ganjar berada di angka 35,5 persen, Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas 28,2 persen dan Anies di posisi ketiga dengan elektabilitas 24,7 persen," ujarnya.

Rikola menggarisbawahi tidak ada dari ketiga nama tersebut yang berhasil mencapai angka 50 persen. Sehingga, ujarnya lagi, ia memprediksi bila kompetisi pemilihan presiden 2024 dimulai hari ini maka akan dilakukan dua putaran.

Baca Juga: Hari ke-2 Kunjungan di Medan, Anies Baswedan Diberi Wejangan Kisah Nabi Yusuf

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KPK Sita Moge, Rumah dan Mobil Rafael Alun

Jumat, 2 Juni 2023 | 12:05 WIB

Sandiaga Uno Siap Jalani Ospek di PPP

Jumat, 2 Juni 2023 | 11:42 WIB

Kembalikan Pancasila ke UUD 1945

Kamis, 1 Juni 2023 | 17:59 WIB
X