• Sabtu, 10 Desember 2022

GKSB DPR Dorong Ekspor Sarang Burung Walet Indonesia ke China

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 16:43 WIB
Anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-China Daniel Johan dan Wakil Ketua Parlemen China Chen Zu
Anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-China Daniel Johan dan Wakil Ketua Parlemen China Chen Zu

HARIANTERBIT.com - Anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR RI Indonesia-China Daniel Johan mendorong peningkatakan kerja sama kedua negara khususnya ekspor sarang burung walet dari Indonesia untuk masuk ke pasar China.

Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan Wakil Ketua Parlemen China Chen Zu didampingi Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang dan anggota perlemen China Zhijun Zhang, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

“Saya mendapat aspirasi dari masyarakat yaitu petani walet agak kesulitan mengekspor hasil sarang walet ke China. Kami harap China memberikan kemudahan sarang walet Indonesia untuk bisa masuk ke China,” kata Daniel.

Baca Juga: Akademisi Universitas Cenderawasi Imbau Lukas Enembe Ikuti Jejak Nelson Mandela

Menurut dia, sarang burung walet merupakan produk unggulan Indonesia terutama di Kalimantan Barat sehingga diharapkan bisa masuk ke pasar China.

Dalam pertemuan tersebut, Daniel menjelaskan hubungan Indonesia-China sudah terjalin sejak lama bahkan sejak nenek moyang Presiden Ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurut dia, Gus Dur merupakan keturunan Putri Champa Majapahit yang secara genealogis merupakan keturunan Tionghoa dari pernikahan raja terakhir Majapahit yaitu Prabu Brawijaya V dan Putri Champa.

Baca Juga: Erick Thohir Calon Wakil Presiden Paling Potensial untuk 3 Capres Terkuat

"Keduanya memiliki dua anak, seorang pria bernama Tan Eng Hiang dan perempuan bernama Tan A Lok. Tan Eng Hiang kemudian mengubah nama menjadi Raden Patah merupakan pendiri Kerajaan Demak dan Tan A Lok menikah dengan seorang muslim keturunan Tionghoa bernama Tan Kim Han," katanya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi IV: Hukum Jera Pelaku Kriminal Lingkungan

Jumat, 9 Desember 2022 | 20:28 WIB

MUI Kecam Perusakan dan Pembakaran Alquran di Swedia

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:52 WIB
X