• Minggu, 27 November 2022

Rizal Ramli: Tragedi Kanjuruhan Momentum Benahi Polri, Ubah SOP jadi Lebih Manusiawi

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 13:24 WIB
Rizal Ramli
Rizal Ramli

HARIANTERBIT.com -Tokoh nasional Rizal Ramli mengatakan tragedi Kanjuruhan harus menjadi momentum untuk membenahi Polri. “Stop multi-fungsi Polri, tidak boleh jadi alat politik kekuasaan, ubah SOP jadi lebih manusiawi dan mengayomi, bersihkan sistem rekrutmen, pendidikan dan promosi Polri dari sogokan dan uang,” ujarnya melalui akun Twitternya yang dipantau di Jakarta, Senin (3/10).

Mantan Menko Perekonomian itu mengatakan, hanya dengan cara-cara inilah kepolisian bisa dipercaya. “Hanya dengan transformasi itu, Polri bisa dipercaya,” katanya.

Ekonom senior itu mengatakan, hal tersebut bisa terjadi karena kepolisian menjalankan multifungsi, termasuk menjadi alat kekuasaan. Hal inilah yang kemudian membuat kepolisian tidak bisa bertindak secara profesional.

Baca Juga: KPK Diminta Usut Juga Kasus Lain, Tidak Hanya Formula E

“Hal ini menunjukkan kegagalan fungsi Polri. Kepolisian akhirnya menjadi brutal dan tidak humanis. Ini bisa terjadi karena Polri multi-fungsi, termasuk jadi alat kekuasaan dll sehingga tidak profesional,” ujar Bang RR – sapaan Rizal Ramli seraya menyatakan turut berduka dan prihatin atas tragedi Kanjuruan.

Tragedi Kanjuruhan Kabupaten Malang berawal saat polisi menembakkan gas air mata dalam upaya untuk membubarkan para suporter di lapangan setelah tuan rumah Arema kalah 3-2 dari Persebaya Surabaya.

Kapolda Jawa Timur Nico Afinta mengatakan orang-orang tewas setelah tergencet dan terinjak-injak saat mereka berlari menuju pintu keluar yang sama. Ia menyatakan bahwa 3.000 dari sekitar 40.000 penonton yang hadir telah menyerbu lapangan yang memicu kerusuhan.

Baca Juga: Khofifah, Ganjar dan AHY Cawapres Anies, Akbar: Anies Berpeluang Terpilih Jadi Presiden 2024

Hingga Kamis (6/10/2022) dilaporkan sudah 131 orang yang tewas dan ratusan lu-luka dalam tragedi tersebut.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X