• Minggu, 27 November 2022

KPK Diminta Usut Juga Kasus Lain, Tidak Hanya Formula E

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 12:28 WIB
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

HARIANTERBIT.com - Ketua Harian DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK), Jerry Massie meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus berlaku sama untuk mengusut dugaan kasus korupsi. Apalagi saat ini masih banyak kasus dugaan korupsi yang belum diselesaikan seperti buron Harun Masiku dan korupsi bansos Covid-19 yang telah menyeret mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

"Saya mendorong KPK menyelesaikan beragam kasus dugaan korupsi yang saat ini ditangani," ujar Jerry Massie kepada Harian Terbit, Selasa (4/10/2022).

Jerry mempertanyakan KPK saat ini yang terkesan sangat antusias ketika mengusut event Formula E yang masih dalam tahap penyelidikan yang biasanya bersifat rahasia. Namun KPK membuka opsi untuk terang-terangan demi mencegah adanya tudingan melakukan kriminalisasi, terutama terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Padahal event balap internasional di Mandalika juga diduga ada pelanggaran atau ada skandal.

Baca Juga: Pemuda Keerom Imbau Tokoh Adat dan Gereja Mediasi Kasus Lukas Enembe

"Bagi saya jika revenue and laporan keuangan jelas peruntukan dan penggunaanya maka secara administrasi tak masalah," jelasnya.

Jika ada selisih, sambung Jerry, maka menjadi hal yang lumrah, kecuali jika ada konspirasi maka hal tersebut sangat berbahaya. Tapi secara kelembagaan maka silahkan KPK memeriksa atau mengaudit. Namun jika laporan BPK baik dan tidak ada masalah maka yang dilakukan KPK akan terkesan ditarik ke ranah politik.

"Takutnya pemeriksaan ini ada sentimen politik terkait pencalonan Anies Baswedan sebagai capres atau ada upaya menjegalnya. Sangat ngeri jika ada dorongan pihak tertentu dan mengarah ke unsur politis," paparnya.

Jerry mendukung jika pengusutan kasus Formula E murni untuk menyelamatkan keuangan negara dan ada indikasi kerugian maka silakan KPK mengusutnya.

Baca Juga: Survei SSI, Pemilih Gerindra Solid Dukung Prabowo

Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menyebut penyelidikan terhadap kasus Formula E sebagai ide bagus. Novel juga meminta semua rekaman rapat terkait kasus Formula E diungkap ke publik.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X