• Minggu, 27 November 2022

Tingkatkan Ekonomi Nasional, Ganjar Pranowo Boyong Uni Eropa Investasi di Jateng

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:34 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Dubes Uni Eropa Vincent Piket (Dok Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima kunjungan Dubes Uni Eropa Vincent Piket (Dok Pemprov Jateng)

HARIANTERBIT.com - Pihak Uni Eropa (UE) menjajaki peluang investasi di Provinsi Jawa Tengah. Sektor yang dilirik oleh UE di antaranya industri hijau (green industry), energi terbarukan, hingga transportasi publik, mulai dari kereta api hingga trem.

Keseriusan UE diwujudkan dengan pertemuan Duta Besar UE untuk Indonesia, Vincent Piket, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kedatangan Vincent beserta Kepala Perwakilan Europe Investment Bank (EIB) untuk Asia Tenggara dan Asia Pasific Sunita Lukkhoo disambut dengan tangan terbuka oleh Ganjar. Ia berharap kerja sama yang akan disepakati membawa kemakmuran bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: Pemuda Keerom Imbau Tokoh Adat dan Gereja Mediasi Kasus Lukas Enembe

“Ini potensi yang bagus antara Indonesia, Jawa Tengah dan Uni Eropa, harapannya kita bisa undang lebih banyak. Maka kita tawarkan beberapa kawasan industri yang cukup menarik untuk bisa datang,” paparnya.

Oleh karena itu, Ganjar mengajak stakeholder terkait melakukan pengawalan terhadap kepeminatan UE terhadap investasi di Jateng. Ia berharap, dengan tour investasi ke beberapa kawasan industri, bisa menarik investor asal Benua Biru.

Baca Juga: Survei Se-Jawa: Basis Pemilih Nasdem Pilih Anies, Anies-AHY Paling Berpeluang Menang

“Maka kita sampaikan ke Kadin juga untuk tindak lanjuti pertemuan ini. Jadi least of product ada, kemudian insentif ada, habis ini mereka akan diajak tour investasi. Mudah-mudahan netes, melahirkan kerja sama baik,” urainya.

Ganjar memaparkan, data total investasi negara-negara Eropa yang tergabung dalam UE di Jateng sebesar 4.924,40 dolar AS (Semester I 2022). Negara Benua Biru yang paling besar menanamkan modal di Jateng adalah Jerman, disusul Belgia, Luxembourg, Denmark, Perancis, Spanyol, Italia, dan Swedia.

Baca Juga: Berani Suarakan Rakyat, Elektabilitas Demokrat Konsisten Menguat Di Pulau Jawa, Simak Hasil Survei Ini

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X