• Minggu, 27 November 2022

Para Akademisi Hukum Resmi Luncurkan Lembaga Eksaminasi Nasional

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 06:41 WIB
Ilustrasi hukum (Freepik)
Ilustrasi hukum (Freepik)

HARIANTERBIT.com - Salah seorang penggagas Lembaga Eksaminasi Nasional Faisal Santiago menyebut,  lembaga ini diharapkan menjadi kualiti kontrol para hakim hingga Mahkamah Agung. 

"Bagaimana saya katakan perlu terobosan untuk pengelolaan lembaga peradilan sistem berjalan dengan baik. Dengan Lembaga Eksaminasi Nasional harapan mengkritisi teman-teman hakim, " kata Faisal saat menjadi pembicara diskusi publik dan peluncuran Lembaga Eksaminasi Nasional (LEN) di Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Sementara itu di tempat tang sama,  Hakim Agung (2011-2016) Prof. Dr. Topane Gayus Lumbun akan terus menagih janji kepada Menko Polhukam Prof. Dr. Mahfd MD terkait pembenahan hukum yang saat ini dinilai banyak fihak "kacau" dan sudah menuju kehancuran atau kedaruratan.

Baca Juga: Operasi Zebra 2022, Polisi Imbau Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

Setelah terungkap rusaknya penegakan hukum di aparat Kepolisian, kasus Ferdy Sambo, kini terungkap lagi kasus korupsi di Mahkamah Agung yang diduga melibatkan Hakim Agung Sudrajat Dimyati.

Presiden Joko Widodo memanggil Menko Polhukam untuk melakukan pembenahan, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan adanya reformasi hukum untuk perbaikan kedepan, kata Gayus. 

Menurut Gayus, saat ia masih menjadi Hakim Agung dan Prof. Mahfud sebagai Hakim Konstitusi diundang oleh TV Nasional membahas soal pembenahan hukum nasional.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Bersabar Jangan Main Tuding, Tunggu Hasil Investigasi TGIPF Terkait Tragedi Kanjuruhan

Salah satu usulan saya, kata Gayus Presiden harus berani melakukan reformasi pengadilan utamanya Merombak Total Tata Kelola di Mahkamah Agung (MARI)

Saat itu Pak Mahfud MD setuju dan mendukung saya. Oleh karena itu saya akan terus menagih janjinya. Dia saat ini memegang kendali penting di pemerintahan Djoko Widodo. Pak Mahfud gak perlu ragu dan takut karena usulan itu tidak sedirian. 

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X