• Kamis, 1 Desember 2022

Operasi Zebra 2022, Polisi Imbau Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

- Senin, 3 Oktober 2022 | 23:03 WIB
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi

HARIANTERBIT.com - Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri Inspektur Jenderal Firman Shantyabudi, mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya berlalu lintas saat berkendara. Pasalnya saat ini sedang diadakan operasi Zebra pada 3-16 Oktober 2022.

“Jadi dengan tujuan ini kami berharap bahwa bukan berapa banyak Polri mampu memberikan hukuman menilang para pelanggar, tapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi ini bisa kami capai," ujarnya di kantor Polda Metro Jaya, Senin, 3 Oktober 2022.

Operasi Zebra 2022 digelar serentak dengan melibatkan kurang lebih 23.600 personel, di 33 Provinsi Indonesia. Firman menuturkan, hanya Polda Bali yang tidak melaksanakan karena masih dalam persiapan pengamanan Presidensi G20.

Baca Juga: Panglima TNI Tegaskan Bahwa Oknum Prajurit 'Tendangan Kungfu' Terancam Pidana

Firman mengatakan, tujuan operasi ini untuk menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan, serta meningkatkan disiplin para pengguna jalan. Dia menyebut potensi pelanggaran seperti pengendara anak di bawah umur, menggunakan gawai, dan lain-lain.

“Beberapa masyarakat yang cenderung melalaikan penggunaan seat belt, padahal alat tersebut didesain untuk membantu mengurangi fatalitas, apabila terjadi kecelakaan ini jenis-jenis pelanggaran yang sering masih dihadapi di lapangan,” ungkap Firman.

Dia mengucapkan, penindakan selain dilakukan manual dan elekteonik melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), akan ada imbauan juga dari petugas lapangan. Maka dari itu Firman mengajak masyarakat untuk berkendara sesuai prosedur.

Baca Juga: Mahfud MD Perintahkan Panglima TNI Tindak Tegas Prajurit yang Tendang Aremania

"Metode penegakan hukum dilaksanakan baik secara elektronik melalui pantauan kamera CCTV yang tergelar di jalan menggunakan ETLE, tapi juga kami menggelar personil yang membawa secara mobile alat-alat teknologi, dengan kehadiran petugas di lapangan Ini juga dalam rangka mengedukasi," ulas dia.***

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X