• Kamis, 1 Desember 2022

Kapolri Copot Kapolres Malang, Kapolda Jatim Menyusul?

- Senin, 3 Oktober 2022 | 19:10 WIB
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot, Buntut Tragedi Kanjuruhan (Ilustrasi)
Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot, Buntut Tragedi Kanjuruhan (Ilustrasi)

HARIANTERBIT.com - Buntut dari tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat dan dimutasi ke bidang lain.

Lebih jelasnya Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, mutasi tersebut adalah imbas dari tragedi Kanjuruhan, Malang, pada Sabtu 3 Oktober 2022.

"Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Firli Hidayat dimutasikan jadi Pamen SSDM Polri," ujar Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Sabtu (3/10/2022).

Baca Juga: Barisan Merah Putih: Masyarakat Papua Minta Lukas Enembe Taat Hukum agar Papua Tetap Aman dan Damai

Dijelaskan Dedi, Firli Hidayat sebagai Kapolres Malang digantikan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Putu Kholis Aryana.

Sebelumnya tragedi Kanjuruhan menggemparkan dunia menelan korban meninggal dunia sebanyak 125 orang. Korban luka berat 21 orang dan luka ringan ada 304 orang.

Sehingga total korban hingga saat ini mencapai 450 orang, dimana tragedi ini adalah terbesar kedua dalam sejarah kelam olahraga sepakbola setelah pertandingan kualifikasi Olimpiade antara Peru vs Argentina, usai wasit menganulir gol Peru hanya beberapa menit sebelum pertandingan berakhir dan memicu protes dari penggemar yang berubah menjadi kerusuhan setelah Argentina memenangkan pertandingan. Kejadian itu menewaskan 318 orang dan melukai lebih dari 500 orang di bulan Mei 1964.

Baca Juga: Mahfud MD Perintahkan Panglima TNI Tindak Tegas Prajurit yang Tendang Aremania

Selain itu berbagai kalangan menilai, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta semestinya ikut dicopot, lantaran dianggap bertanggungjawab akibat terjadinya peristiwa getir itu.***

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X