• Selasa, 7 Februari 2023

Belajar dari Kasus Dugaan Korupsi Lukas Enembe, Pemimpin Papua ke Depan Harus Di-screening

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:10 WIB
Tokoh muda Papua, Ali Kabiay
Tokoh muda Papua, Ali Kabiay

HARIANTERBIT.com - Kasus dugaan korupsi yang membelit Gubernur Papua Lukas Enembe memberi pelajaran berharga bagi masyarakat Papua.

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay meminta agar ke depan, rekrutmen para pemimpin di wilayah Papua untuk menduduki jabatan-jabatan negara harus melalui proses screening.

“Kita harus melakukan screening kepada para calon pemimpin di Papua, yaitu screening ideologi, screening penggunaan anggaran, dan screening moralitas,” ungkap Ketua Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua ini, di Jayapura, Minggu, 2 Oktober 2022.

Baca Juga: Airlangga Sampaikan Duka Mendalam Atas Tragedi Kanjuruhan

Melalui tiga tahapan screening itu, lanjut Ali, kita dapat mengetahui apakah mereke benar-benar mencintai NKRI atau tidak. Berikutnya, bagaimana mereka dapat menggunakan anggaran dengan baik, serta bagaimana moralitas mereka.

‘’Moralitas ini berkaitan dengan ketuhanan, sehingga mereka bisa menjadi pemimpin yang amanah, dan bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah. Pemimpin di Papua itu tidak boleh melawan-melawan sama pemerintah pusat,’’ tegas Ali.

Karena itu, harap Ali, Gubernur Lukas Enembe dapat menjadi tokoh panutan bagi kaum muda Papua jika ia dapat membuktikan kepada KPK bahwa dirinya tidak melakukan korupsi, tidak melawan pemerintah pusat, dan tetap menunjukkan rasa cintanya kepada NKRI.

Baca Juga: Kerusuhan Kanjuruhan, 127 Orang Tewas, Tragedi Sepak Bola Mengerikan dalam Sejarah Sepak Bola Dunia

“Gubernur Lukas Enembe sebagai pemimpin harus berjiwa besar karena menjadi contoh bagi rakyat yang dipimpinnya. Lukas harus bisa hadir untuk memenuhi panggilan KPK dalam rangka penyelidikan, guna membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah,” tegas Ali.’

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1 Ramadhan 23 Maret dan Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:05 WIB

Duet Anies-Khofifah Bisa Menangi Pilpres

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:58 WIB

Demokrasi di Indonesia Terancam Masuk Jurang

Senin, 6 Februari 2023 | 12:05 WIB
X