• Kamis, 1 Desember 2022

Dua Kabar Buruk Ferdy Sambo Dalam Sehari

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 20:11 WIB
Ferdy Sambo saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat.  (ikbal muqorobin )
Ferdy Sambo saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat. (ikbal muqorobin )

HARIANTERBIT.com - Pada Jumat, 30 September 2022 menjadi hari apes bagi Eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo. Pasalnya dua kabar buruk harus diterima Ferdy Sambo.

Pertama, Ferdy Sambo secara resmi tidak lagi menjadi anggota Polri usai Presiden Joko Widodo menandatangani surat terkait dengan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dirinya.  Dengan penandatanganan itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan Ferdy Sambo tidak lagi sebagai anggota Polri.
 
"Tadi siang kami sudah mendapatkan informasi bahwa keputusan PTDH dari Istana dari Setmil Presiden tadi sudah dihubungi, sudah dikeluarkan. Oleh karena itu status FS secara resmi saat ini sudah tidak menjadi anggota Polri," kata Listyo saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 30 September 2022.
 
 
Kedua, dalam kesempatan yang sama Kapolri juga mengumumkan penahanan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Putri ditahan di rumah tahanan Bareskrim Polri. Penahanan dilakukan usai polisi memeriksa kesehatannya dan dinyatakan Putri dalam keadaan sehat jasmani dan psikis. 
 
"Untuk mempersiapkan dan mempermudah proses penyerahan berkas tahap 2 hari ini saudara PC kita nyatakan, kita putuskan untuk ditahan di rutan Mabes Polri," tandas Listyo.
 
Diketahui Ferdy Sambo bersama empat orang lainnya yakni Putri Candrawathi, Bharada E atau Richard Eliezer, Bripka RR atau Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf menjadi tersangka pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat. 
 
 
Mereka dijerat dengan pasal pembunuhan berencana, Pasal 340 subsider Pasal 338 junto Pasal 55 dan 56 KUHP. Berkas lima tersangka dinyatakan telah lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Agung.
 
Selain itu Ferdy Sambo juga menghadapi kasus tindak pidana obstruction of justice. Ferdy Sambo menjadi tersangka karema membuat skenario pembunuhan Brigadir J dan menghalang-halangi penguautannya oleh kepolisian.
 

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X