• Kamis, 1 Desember 2022

Peradi-SAI Siap Jadi Garda Terdepan Jaga Marwah Advokat

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 19:47 WIB
Ketua DPC Peradi-SAI Jakarta Barat, Stefanus Gunawan
Ketua DPC Peradi-SAI Jakarta Barat, Stefanus Gunawan

HARIANTERBIT.com - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Suara Advokat Indonesia (SAI) siap menjadi garda terdepan menjaga marwah advokat sebagai profesi mulia dan terhormat (officium nobile). Menjadi advokat profesional bukan mencari sensasi atau popularitas layaknya selebritas.

Demikian disampaikan Sekjen DPN Peradi-SAI, Patra M Zen, usai acara pengangkatan 58 advokat baru di wilayah hukum Pengadilan Tinggi DKI Jakarta di bilangan Sunter, Jakarta Utara, pada Jumat, 30 September 2022 sore.

"Tempatkan diri kalian sebagai advokat, yakni sebagai pembela, bukan sebagai penyidik, penuntut umum apalagi hakim. Jadilah advokat yang profesional sesuai Undang-undang dan Kode Etik Advokat, termasuk saling menghormati sesama rekan advokat. Peradi-SAI adalah Organisasi Advokat yang benar-benar memperhatikan kualitas bukan kuantitas, semua itu untuk menjaga marwah profesi advokat," ujar Patra M. Zen.

Baca Juga: Menko Airlangga: Modifikator Mobil Indonesia Dorong Industri Otomotif dalam Negeri dan Pasar di Luar Negeri

Hal senada disampaikan Ketua DPC Peradi-SAI Jakarta Barat, Stefanus Gunawan. Menurutnya, menjadi seorang advokat harus memegang teguh sumpah, sejalan dengan Undang-undang Advokat dan Kode Etik Advokat.

"Kami dari DPC Peradi-SAI Jakarta Barat selalu memberikan pembekalan, khususnya bagi para junior agar dalam menjalankan tugas dan profesinya benar-benar memegang sumpah, taat Undang-undang dan Kode Etik Advokat," ujar Stefanus Gunawan.

"Jangan menambah carut marut, jangan melacurkan profesi. Jika ada anggota yang menyimpang, melanggar Undang-undang Advokat, Kode Etik Advokat, terlebih melanggar hukum, kami tidak segan-segan menindaknya sesuai aturan yang berlaku. Kita sangat tegas dan tidak akan mentolerir, namun kami akan all out membela advokat yang sudah menjalankan tugas profesinya dengan baik, " sambung advokat senior ini.

Baca Juga: Pakar Nilai AHY Tidak Matang Berpolitik, Sekadar Framing Persepsi Publik

Stefanus berharap para advokat baru yang dilantik dapat berkontribusi bagi bangsa dan negara, bersama-sama menjunjung tinggi hukum dan keadilan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X