• Sabtu, 10 Desember 2022

Tim Bayangan Mendikbudristek, Pengamat: Melanggar Aturan dan Pemborosan Anggaran

- Jumat, 30 September 2022 | 10:26 WIB
kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) / Istimewa
kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) / Istimewa

HARIANTERBIT.com – Pengamat kebijakan publik dari Institute for Strategic and Development (ISDS) Aminudin mengatakan, Tim Bayangan yang beranggotakan 400 orang bentukan Mendikbudristek Nadiem Makarim berpotensi melanggar susunan organisasi tata kerja (SOTK) dan UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Oleh karena itu, lanjutnya, jika Tim Bayangan itu berperan seperti Dirjen maka akan menyalahi SOTK dan UU-ASN. "Atau mungkin Pak Menteri salah statement (Tim Bayangan), saking bangganya sama GovTech-Edu," ujarnya.

Aminudin menegaskan, Tim Bayangan Kemendikbud mencerminkan banyaknya kepentingan dari luar terutama pusat kekuasaan yang ingin mengatur Kemendikbud.

Baca Juga: Sejarah Kelam G30S PKI dan Tujuannya

"Baik kepentingan proyek-proyek di Kemendikbud yang nilainya terbesar di antara kementerian yang lain. Maupun mungkin upaya menggeser haluan pendidikan yang melenceng dari konstitusi. Jadi tim itu perlu dibubarkan," jelasnya.

Dipertanyakan

Direktur Gerakan Perubahan (Garpu) Muslim Arbi mengatakan, publik patut mempertanyakan Tim Bayangan bentukan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Patut dipertanyakan karena apakah selama menjadi Mendikbud, Nadiem tidak bisa manage personil di Kemendikbud sehingga perlu ada tim bayangan yang jumlahnya juga sangat fantastis.

"Kok pake Tim Bayangan? Apakah Kemendikbud selama ini sebuah institusi yang sudah sangat rusak dan kacau sehingga tidak dapat dipercaya sehingga perlu ada tim bayangan," tanyanya.

Muslim mengemukakan, patut dipertanyakan juga apakah Tim Bayangan Kemendikbud dibentuk oleh Mentri atau Presiden. Jika dibentuk oleh Presiden maka juga memjadi masalah.

Baca Juga: 612 Kasus Judi Diungkap, 760 Orang jadi Tersangka, Polri: Konsorsium 303 Terkait Ferdy Sambo Tidak Ditemukan

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Komisi IV: Hukum Jera Pelaku Kriminal Lingkungan

Jumat, 9 Desember 2022 | 20:28 WIB

MUI Kecam Perusakan dan Pembakaran Alquran di Swedia

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:52 WIB
X