• Minggu, 27 November 2022

Gus Jazil Ajak Lestarikan Seni Qasidah sebagai Media Dakwah dan Persatuan

- Selasa, 27 September 2022 | 23:51 WIB
Gus Jazil saat membuka Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut yang digelar DPW Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Sumut bertajuk Persaudaraan Kuat Prestasi Meningkat Menuju Sumut Bermartabat di Asrama Haji Kota Medan, Selasa (27/9/2022).
Gus Jazil saat membuka Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut yang digelar DPW Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Sumut bertajuk Persaudaraan Kuat Prestasi Meningkat Menuju Sumut Bermartabat di Asrama Haji Kota Medan, Selasa (27/9/2022).

HARIANTERBIT.com - Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengajak masyarakat, khususnya umat Islam untuk menjadikan seni qasidah sebagai media dakwah dan persatuan umat.

Menurut Gus Jazil- sapaan akrab Jazilul Fawaid- kesenian Islami harus bersama-sama didukung agar terus lestari dan maju sehingga anak-anak muda bangsa tidak justru hanya populer dengan kesenian dari luar, namun lupa atau bahkan tidak kenal kesenian islami seperti qasidah, marawis, gambus dan lainnya.

Baca Juga: Airlangga dan Puan, Dua Tokoh Bakal Capres Ini Direncanakan Bertemu Pekan Depan

"Kita harus menjaga dan merawat warisan kesenian dan budaya Islam ini karena qasidah bagian dari syiar Islam. Indonesia yang mayoritas Islam agar anak-anak muda bisa mencintai warisan budaya qasidah maka saya ajak semua tokoh, siapa saja untuk mendukung pengembangan seni kesenian islami," ujar Gus Jazil saat membuka Festival Seni dan Qasidah Tingkat Provinsi Sumut yang digelar DPW Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Sumut bertajuk Persaudaraan Kuat Prestasi Meningkat Menuju Sumut Bermartabat di Asrama Haji Kota Medan, Selasa (27/9/2022).

Gus Jazil yang juga Ketua Umum DPP LASQI mengatakan, kesenian islami sangat relevan untuk pengembangan dakwah Islam. "Seni Islam harus maju, seni qasidah harus maju. Jangan kalah dari seni pop Korea," tuturnya.

Baca Juga: Survei CSIS: Golkar Terpopular di Kalangan Pemilih Muda Dibanding PDIP, Gerindra, dan Demokrat

Dia berharap dengan majunya kesenian Islam seperti qasidah, media dakwah Islam bisa semakin beragam dan menarik bagi masyarakat. Selain itu, juga bisa menjadi sarana pemersatu bangsa.

"Ada dua fungsi, selain untuk pengembangan budaya Islam, kita juga mengemban misi dakwah Islam yang mampu menguatkan dan menjadi energi persatuan. Seni qasidah hendaknya jadi wasilah dalam memperkokoh kesatuan kebangsaan kita," katanya.

Gus Jazil menuturkan, selama dua tahun pandemi, kegiatan berkesenian seperti mati suri. Perekonomian masyarakat juga terhenti.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X