• Minggu, 27 November 2022

Yandri Susanto: Maknai Golok Day Sebagai Semangat Mengusir Kemiskinan dan Kebodohan

- Minggu, 25 September 2022 | 16:30 WIB

HARIANTERBIT.com - Wakil Ketua MPR Yandri Susanto menghadiri Festival Golok Day Reborn 2022 yang dihadiri ribuan peserta di Stadion Krakatau, Cilegon, Banten.

Yandri menyebutkan warga masyarakat Banten harus memaknai Festival Pencak Silat dan Golok Day Reborn 2022 sebagai semangat untuk mengatasi dan memerangi kemiskinan, kebodohan, perpecahan, dan adu domba di masyarakat.

"Kalau dulu masyarakat Banten menggunakan golok untuk mengusir penjajah, tapi sekarang harus dimaknai untuk mengusir dan memerangi kemiskinan, kebodohan, perpecahan, dan saling adu domba di masyarakat," kata Yandri Susanto dalam Festival Pencak Silat dan Golok Day Reborn 2022 yang diselenggarakan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Himpunan Perguron Persilatan Banten (HPPB) Kota Cilegon di Stadion Krakatau, Cilegon, Banten, Sabtu, 24 September 2022.

Baca Juga: Puji Presiden Jokowi di Muktamar XVI Persis, Prabowo Bicara Persatuan Umat

Hadir dalam Golok Day Reborn 2022 ini Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten H. Al Hamidi, Ketua IPSI Provinsi Banten H. Ajat Sudrajat, Walikota Serang (Ketua Bandrong Banten) H. Sjafrudin, Walikota Cilegon H. Helidy Agustian, Abah Jamhari Sakti, Ketua IPSI Cilegon H. Muharman Koto, Kapolres, Dandim, Danlanal, Ketua Panitia Rufaji Zahuri, tokoh masyarakat Ketua DPRD Cilegon Isro Mi'raj, serta dimeriahkan artis Opick.

Menurut Yandri, Golok Day Reborn 2022 ini menjadi momen bersejarah bagi Cilegon, Banten, dan Indonesia.

"Karena kita memelihara semangat Kiai Wasyid, pejuang yang memimpin perang Cilegon pada 1888. Semangat ini tetap dipelihara dengan penyelenggaraan Golok Day Reborn 2022 ini," ujarnya.

Baca Juga: Menko Airlangga: Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Listrik Belum Berlaku Tahun Ini

Yandri menambahkan Golok Day Reborn ini mewariskan budaya leluhur dengan menjaga semangat Kiai Wasyid dalam peristiwa Geger Cilegon. Namun, lanjut Yandri, makna Golok Day Reborn 2022 ini bukan lagi mengusir orang, penjajah pada masa lalu, dengan golok atau pertumpahan darah.

Yandri menambahkan golok adalah khas Indonesia sehingga jangan sampai diklaim negara lain. "Bagian yang lancip dari golok Cilegon adalah untuk pertahanan diri. Artinya, semangat Golok Day ini adalah kita mengusir atau memerangi kebodohan, kemiskinan, perpecahan, dan saling adu domba di masyarakat. Itu yang kita usir. Itu menjadi pekerjaan rumah kita semua," katanya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengesahan RKUHP Direncanakan Sebelum Masa Reses

Minggu, 27 November 2022 | 01:25 WIB

Kata Kapolri soal Perburuan Ismail Bolong

Sabtu, 26 November 2022 | 14:12 WIB

PJR Berhasil Tangkap Buronan Korupsi Bareskrim

Jumat, 25 November 2022 | 23:58 WIB
X