• Sabtu, 1 Oktober 2022

Polri Pastikan Kasus Ferdy Sambo Cs Tidak Ada Kaitannya dengan 3 Kapolda

- Jumat, 23 September 2022 | 16:51 WIB
Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat.  (ikbal muqorobin)
Ferdy Sambo dan istri, Putri Candrawathi, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Polri memastikan tak ada kaitan antara 3 Kapolda dengan kasus obstruction of justice, di kasus pembunuhan Brigadir Yosua yang dilakukan Ferdy Sambo dkk. Hal ini disampaikan setelah penyelidikan yang dilakukan oleh Timsus.

"Sampai dengan hari ini saya tegaskan kembali dari timsus tidak ada. Tidak ada pendalaman, tidak ada keterkaitannya ya sampai dengan hari ini, 3 kapolda tidak ada kaitannya, jadi jangan dikait-kaitkan," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jumat (23/9/2022).

Dedi mengatakan, saat ini kerja Timsus berfokus pada 3 hal. Segera menuntaskan berkas perkara untuk kasus pembunuhan, menuntaskan berkas perkara obstruction of justice, dan menyelesaikan sisa sidang kode etik.

Baca Juga: IPW Ungkap Peran Robert Priantono Bonosusatya Soal Private Jet, Kapolri Jangan Tutup Mata?

"Pertama segera menuntaskan berkas perkara yang saat ini sedang diteliti di jaksa penuntut umum adalah tersangka Irjen FS cs Pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan 56. Kemudian berkas perkara Irjen FS dan 6 tsk lainnya terkait Obstruction of Justice, UU ITE, kemudian juncto Pasal 221 dan 223 KUHP. Serta dari Propam masih memiliki tunggakan 20 sidang kode etik yang harus juga segera dituntaskan. Jadi setelah ini tuntas semuanya tentunya tugas Polri fokus pada 3 hal di tahun ini," ulas Dedi.

Sebelumnya memang sempat muncul isu dugaan keterlibatan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Panca Putra, dalam skenario penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Dedi mengatakan, kerja Timsus berdasarkan fakta yang ditemukan tidak pada informasi liar atau pun asumsi-asumsi yang belum tentu kebenarannya.

Baca Juga: Bertemu UNIDO, Menko Airlangga Ungkap Peningkatan Kinerja Sektor Industri untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi

Saat ini, lanjut dia, pihaknya tengah fokus menyelesaikan berkas perkara kelima tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPMK Desak Polisi Tangkap Alvin Lim

Jumat, 30 September 2022 | 16:13 WIB

Jumat Berkah Ala Sahabat Ganjar di Wonogiri dan Soppeng

Jumat, 30 September 2022 | 16:12 WIB

Sejarah Kelam G30S PKI dan Tujuannya

Jumat, 30 September 2022 | 10:09 WIB
X