• Kamis, 29 September 2022

Rentan Dikebiri dan Dikorupsi, Banyak Masyarakat Keluhkan Pemotongan BLT

- Jumat, 23 September 2022 | 11:15 WIB
Cara cek penerima bantuan BLT Subsidi gaji 2022 tahap 2 di laman kemnaker.go.id (Ilustrasi/pixabay/iqbalnuril)
Cara cek penerima bantuan BLT Subsidi gaji 2022 tahap 2 di laman kemnaker.go.id (Ilustrasi/pixabay/iqbalnuril)

HARIANTERBIT.com - Ketua Harian DPP Gerakan Indonesia Anti Korupsi (GIAK), Jerry Massie prihatin adanya pemotongan bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima masyarakat.

Padahal BLT merupakan hak 100 persen yang harus diterima masyarakat tanpa ada pemotongan sedikitpun.Apalagi sudah dua tahun masyarakat diterpa pandemi Covid-19.

"Saya kira korupsi apapun harus di basmi dan tumpas. Apalagi korupsi di saat rakyat sedang susah usai diterpa Covid-19 seperti BLT," ujar Jerry kepada Harian Terbit, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Wacana Konversi Kompor Gas ke Listrik, Brando Susanto: Pemerintah Harus Teliti

Jerry menegaskan, pembagian berupa uang tunai kepada publik sangat rentan dikebiri dan korupsi. Hal tersebut karena menyangkut mental korupsi yang sepertinya sulit untuk dihilangkan di masyarakat. Contohnya saja ketika BLT turun dari kementerian maka akan dipotong oleh oknum. Bahkan ketika BLT sampai ke tingkat paling bawah pun ada pemotongan dengan berbagai dalih.

"Coba masyarakat dikasih bukan tunai tapi BLC (bantuan langsung cek) maka ini tak bisa dikorupsi. Nanti BLC ditukarkan di kantor pos atau bank yang melakukan MoU dengan pemerintah," jelasnya.

Jerry menuturkan, pemotongan BLT merupakan bagian korupsi yang disebut white collar crime (kejahatan kerah putih). Saat ini sudah ada beberapa oknum pejabat yang terjerat seperti dua Menteri Sosial Idrus Marhan dan Juliari Batubara. Mereka diduga memanipulasi data penerima BLT.

"Memang cara yang tepat dan akan terhindar dari korupsi yakni diberikan cek saja. Dan data-data pasti akurat," tandasnya.

Baca Juga: Hakim Agung Sudrajad Dimyati Jadi Tersangka Dugaan Korupsi, Segini Kekayaannya

"Jadi harus ada controlling dari lembaga anti rasuah KPK serta lembaga anti korupsi harus ada kerja-sama antara beberapa lembaga," tambahnya.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

KN Pulau Dana-323 Tiba di Darwin Australia

Rabu, 28 September 2022 | 22:05 WIB
X