• Senin, 26 September 2022

Sjarif Hasan: Saya Mendorong Orang Indonesia Belajar dan Bekerja di Jepang

- Kamis, 22 September 2022 | 19:45 WIB

HARIANTERBIT.com - Kedatangan Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji, ke Komplek Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, 22 September 2022, disambut dengan hangat oleh Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Sjarifuddin Hasan MM., MBA. Didampingi oleh dua stafnya, Kanasugi diterima Sjarifuddin Hasan di ruang kerja, Lt.7, Gedung Nusantara III.

Kedatangan wakil resmi dari negeri matahari terbit ke komplek parlemen itu untuk memberi kabar bahwa Jepang akan memberi penghargaan kepada Sjarifuddin Hasan atas jasanya dalam meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang.

Kepada wartawan, politisi dari Partai Demokrat itu mengungkapkan dirinya tidak menyangka mendapat kabar yang disampaikan langsung oleh Kanasugi. “Saya nggak nyangka mendapat penghargaan ini”, ujarnya. Penghargaan yang hendak diterima menurutnya serupa dengan penghargaan yang pernah diterima oleh mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Setelah Pak Jusuf Kalla, pemerintah Jepang memberi penghargaan kepada saya”, tuturnya.

Baca Juga: Terkait Kasus Jual Beli Jabatan, KPK Periksa 18 Saksi 

Pria asal Sulawesi Selatan itu mengungkapkan apa yang selama ini dilakukan rupanya secara diam-diam mendapat perhatian dari pemerintah Jepang. Selama ini ia mempunyai komitmen, tekad, agar hubungan kedua negara terus meningkat. Dirinya mendorong kerja sama di bidang ekonomi, sosial, budaya, koperasi, dan UMKM terus dijalin dan ditingkatkan. 

“Selain itu saya berusaha agar semakin banyak orang Indonesia belajar, bekerja, dan magang di Jepang”, paparnya. “Kita ingin dalam semua sektor, termasuk medis, orang-orang Indonesia bisa bekerja atau magang di sana”, tambahnya. Upaya yang demikian dikatakan sudah lama dilakukan.

Hal demikianlah yang menurut Menteri Koperasi dan UMKM di masa Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu menjadi perhatian pemerintah Jepang hingga dirinya mendapat penghargaan. Ketika ditanya kapan penghargaan diberikan, Sjarifuddin Hasan mengatakan, “Sembilan November 2022 di Jepang”.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lukas Enembe Tak Penuhi Panggilan KPK, Suaranya Mengecil

Senin, 26 September 2022 | 14:50 WIB

GIAK: Hentikan Diskriminatif Penanganan Kasus Impor Baja

Senin, 26 September 2022 | 07:54 WIB

Doa dan Zikir Akbar Mak Ganjar Untuk Pemilu 2024

Senin, 26 September 2022 | 07:21 WIB
X