• Kamis, 1 Desember 2022

Kajati DKI Melantik Kolonel Daswanto Jadi Asisten Tindak Pidana Militer

- Kamis, 22 September 2022 | 08:10 WIB
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani melantik Kolonel Daswanto sebagai Asisten Pidana Militer (Aspidmil)
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani melantik Kolonel Daswanto sebagai Asisten Pidana Militer (Aspidmil)

HARIANTERBIT.com - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Reda Manthovani melantik Kolonel Daswanto sebagai Asisten Pidana Militer (Aspidmil) di Jalan Kebagusan Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (20/9/2022).

Pelantikan Aspidmil ini merupakan tindaklanjut terbentuknya penambahan jabatan eselon I di lingkungan Kejaksaan Agung, yakni setelah dilantiknya Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Militer.

Karena itu jabatan Aspidmil merupakan jabatan baru yang ada di lingkungan Kejaksaan Tinggi. Tujuannya untuk menangani setiap perkara koneksitas yang melibatkan oknum anggota TNI dan masyarakat sipil.

Baca Juga: Dengarkan Curhat Pedagang Pasar Pondok Gede, Puan Minta Kader PDIP Bantu Rakyat Kecil

“Dengan hadirnya Aspidmil ini, acara peradilan koneksitas yang melibatkan oknum TNI dan sipil dapat digabung menjadi satu peradilan,” ujar Reda Manthovani usai melantik Kolonel Daswanto.

Lebih lanjut, Kajati DKI menegaskan, peranan Aspidmil yang baru di lingkungannya ini juga siap mengawal kasus dugaan korupsi pengadaan satelit di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang segera akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor.

Baca Juga: Robert Priantono Bonosusatya, Jet Pribadi dan Markas Judi Online 200 Meter dari Mabes Polri, Simak Faktanya

“Keberadaan Aspidmil ini akan mengkordinir penetapan tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan satelit yang terjadi di Kementerian Pertahanan oleh penyidik Kejagung dan Puspom TNI. Jadi kita bertugas mengkoordinir, mengawal supaya persidangan berjalan dengan lancar,” kata Reda Manthovani menandaskan.

Terkadang, lanjut Reda, ada bahasa-bahasa yang berbeda, antara pidana militer dan pidana biasa. Karena itu memang harus ada koneksitas dalam mengawal jalannya proses persidangan tersebut.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Diminta Lakukan Reshuflle Kabinet

Rabu, 30 November 2022 | 23:49 WIB

DPR Akan Tetap Sahkan RKUHP Meski Mendapat Penolakan

Rabu, 30 November 2022 | 23:43 WIB

Meski Mendapat Penolakan, DPR Tetap Akan Sahkan RKUHP

Rabu, 30 November 2022 | 11:40 WIB

Survei: AHY Cawapres, Anies Menang Pilpres 2024

Rabu, 30 November 2022 | 11:34 WIB
X