• Selasa, 29 November 2022

HNW Orasi Kebangsaan, Ingatkan Mahasiswa untuk Resapi Jati Diri Muhammadiyah

- Sabtu, 17 September 2022 | 16:53 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid usai menyampaikan orasi kebangsaan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Kampus UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (14/9/2022).
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid usai menyampaikan orasi kebangsaan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Kampus UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (14/9/2022).

HARIANTERBIT.com - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, diundang untuk menyampaikan pidato kebangsaan di hadapan ribuan mahasiswa baru UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta).

HNW mengingatkan mahasiswa-mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) untuk meresapi jati diri Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang bermisi dakwah amar dan tajdid yang menghadirkan Islam berkemajuan.

Mereka diingatkan bahwa kini bukan siswa lagi, tapi mahasiswa di UMJ. Mereka bukan sekadar generasi milenial, generasi Y, generasi Z, atau generasi alpha, melainkan generasi muda Muhammadiyah yang memiliki ideologi dasar, sejarah, visi, dan misi, yang menghadirkan keterlibatan, kemanfaatan dan kemashlahatan baik untuk warganya, keumatan, dan kebangsaan dan bahkan kemanusiaan global.

Baca Juga: Menko Airlangga Sebut Indonesia Kian Diperhitungkan Dunia, Presidensi G20 Jadi Bukti

“Muhammadiyah mempunyai sejarah dan kiprah heroik sejak republik ini belum lahir. Pimpinan Muhammadiyah terlibat langsung menghadirkan dan menyelamatkan Indonesia Merdeka. Kesadaran akan sejarah dan kiprah Muhammadiyah ini mutlak harus dimiliki mahasiswa baru UMJ. Melalui Muktamar Ke-47, Muhammadiyah menegaskan jati dirinya untuk menghadirkan Islam berkemajuan. Mahasiswa baru UMJ penting untuk meresapi jati diri Muhammadiyah ini, agar bisa membangun karakter unggul, dan sekaligus membekali diri dengan faktor-faktor sukses sebagai mahasiswa di UMJ untuk disumbangsihkan bagi umat, bangsa dan negara,” kata Hidayat Nur Wahid ketika menyampaikan orasi kebangsaan dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di Kampus UMJ, Tangerang Selatan, Rabu (14/9/2022).

Orasi kebangsaan ini dihadiri sekitar 3.000 mahasiswa baru UMJ dari 10 fakultas baik Kampus A UMJ Cirendeu maupun Kampus B UMJ Cempaka Putih. Selain itu hadir Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, MSi, Wakil Rektor I Dr. Muhammad Hadi, S.KM, M.Kes, serta Pembina dan pimpinan organisasi otonom UMJ, antara lain Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Hizbul Wathan, dan Tapak Suci UMJ.

Baca Juga: CBA Ingatkan Tito soal 6 Nama Pj Gubernur DKI Pengganti Anies

Membawakan orasi kebangsaan dengan tema, “Mahasiswa Muhammadiyah Berkemajuan: Mencerdaskan Kehidupan Bangsa”, HNW, sapaan Hidayat Nur Wahid, menjelaskan pada Muktamar ke-47 Muhammadiyah telah memutuskan menegaskan jati dirinya ber-Islam yang membawa kemajuan. Dalam Islam yang berkemajuan ada dinamika, kemandirian, kontribusi, kolaborasi, dan kemauan untuk menghadirkan kebaikan, kebenaran, kemashlahatan.

“Dari definisi dasar Islam berkemajuan, maka akan menghadirkan sikap hidup yang membawa kemashlahatan untuk diri sendiri, masyarakat, organisasi/persyarikatan, negara, dan kemanusiaan secara menyeluruh,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPR Pastikan Pencopotan Hakim Aswanto Sesuai Mekanisme

Senin, 28 November 2022 | 16:12 WIB

Polisi Amankan 15 Orang Terlibat Makar

Senin, 28 November 2022 | 12:02 WIB

Gempa Cianjur, Korban Meninggal Dunia 321 Orang

Senin, 28 November 2022 | 11:51 WIB
X