• Rabu, 7 Desember 2022

KSAD Minta Prajurit Hentikan Kecaman untuk Effendi Simbolon

- Jumat, 16 September 2022 | 11:22 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman

HARIANTERBIT.com - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman telah menerima permohonan maaf dari politisi PDIP Effendi Simbolon. Karena itu, dia meminta jajarannya menghentikan pernyataan terbuka mengecam Effendi Simbolon yang sebelumnya menyebut TNI gerombolan dalam rapat dengar pendapat di gedung DPR, Jakarta.

"Saya sampaikan tadi bahwa permintaan maaf Pak Effendi, dengan lapang dada TNI Angkatan Darat menyatakan menerimanya. Dan saya sampaikan kepada seluruh jajaran agar menghentikan untuk kegiatan-kegiatan menyampaikan secara perorangan dan sebagainya sudah cukup beliau sudah meminta maaf," kata Dudung dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Dudung menyebut kasus ini harus membuat TNI AD lebih dewasa dan lebih legowo. Dia menyebut TNI sudah biasa mengatasi masalah-masalah.
"Kita harus lebih dewasa, kita harus lebih legowo, kita sudah terbiasa menghadapi tantangan-tantangan yang sulit sekalipun nyawa. Kalau hanya berita-berita seperti itu kecil bagi kami untuk menghadapinya," katanya.

Baca Juga: Muncul Nama Heru Budi Santoso, Marullah Matali, Atau Bahtiar, Siapa Pj Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies?

Dalam kesempatan ini Dudung juga mengaku siap memenuhi panggilan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait polemik dengan anggota DPR Effendi Simbolon. Ia juga menyatakan siap bertemu dengan Effendi untuk meredakan suasana.

"Saya kapan saja mau ketemu boleh saja. Pak Effendi mau datang silakan, kita enggak ada masalah, mau dipanggil MKD juga saya enggak ada masalah. Cuma belum ada panggilan," ujarnya.

Dudung juga membuka pintu lebar-lebar jika Effendi yang merupakan Politikus PDI Perjuangan itu ingin menemuinya. Menurut Dudung, ia memiliki hubungan baik dengan Effendi."Kalau Pak Effendi mau ke sini silakan. Saya kenal baik dengan Pak Effendi, itu kan teman baik mertua saya, teman dekat banget sama saya," katanya.

Menjaga Ucapan

Sementara itu Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Arh Hamim Tohari, MA dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/9/2022) juga mengajak seluruh prajurit, purnawirawan, dan masyarakat untuk menjadikan kasus tersebut sebagai pembelajaran agar menjaga ucapan dan sikap.

"Dengan telah dilakukannya jumpa pers oleh Effendi Simbolon dan penyampaian permintaan maaf, marilah semuanya menjadikan peristiwa itu sebagai pembelajaran untuk semuanya dalam berucap dan bersikap," kata Hamim.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Bom Polsek Astana Anyar, Satu Polisi Meninggal

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:35 WIB

RUU KUHP Telah Disahkan Menjadi Undang-Undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:05 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Pemberdayaan UMKM

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:03 WIB
X