• Selasa, 7 Februari 2023

Begini Identitas Hacker Bjorka dan Bocoran Terbarunya

- Rabu, 14 September 2022 | 14:36 WIB
Bjorka
Bjorka

HARIANTERBIT.com - Hacker Bjorka yang akhir-akhir masih membuat heboh, lantaran membocorkan berbagai informasi, ternyata menggunakan foto profil yang mirip dengan penyanyi dan youtuber asal Islandia yaitu Bjork.

Identitas hacker Bjorka pun disebut telah dikantongi oleh pemerintah, sebagaimana disampaikan Menkopolhukam Mahfud MD.

”Sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud dalam konferensi pers pembentukan Satgas Perlindungan Data di Kantor Kemenko Polhukam, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: DPR Usulkan Himbara Terapkan Nol Biaya Administrasi

Sesuai data sementara yang diperoleh, lanjut Mahfud, Bjorka sebenarnya tidak memiliki kapasitas untuk membobol data. Sehingga semua yang dilakukan hanya untuk mendapat simpati publik.

”Dari hasil kesimpulan tadi apa yang disebut Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sulit-sulit itu, hanya ingin memberi tahu kepada kita, menurut persepsi baik kita, ingin memberi tahu bahwa kita harus hati-hati bahwa kita bisa dibobol dan lain sebagainya," ulas Mahfud.

Diketahui Bjorka kerap kali muncul dalam sebuah situs keamanan cyber bernama BreachForums. Di situs tersebut, sang hacker memperjualbelikan data penting yang berhasil diretasnya baik dari perusahaan maupun pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Bertemu Menko Airlangga, Prancis Siap Meningkatkan Kerja Sama Strategis dengan Indonesia

Banyak masyarakat yang penasaran dengan sosok peretas misterius tersebut. Berdasarkan akun Twitter @bjorkanism yang kini telah ditangguhkan, peretas itu mengklaim dirinya berasal dari Warsaw, Polandia

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

1 Ramadhan 23 Maret dan Idul Fitri 21 April 2023

Selasa, 7 Februari 2023 | 11:05 WIB

Duet Anies-Khofifah Bisa Menangi Pilpres

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:58 WIB

Demokrasi di Indonesia Terancam Masuk Jurang

Senin, 6 Februari 2023 | 12:05 WIB
X