• Rabu, 7 Desember 2022

Divonis Bersalah Atas Kasus "Jin Buang Anak", Edy Mulyadi Langsung Dibebaskan

- Senin, 12 September 2022 | 18:39 WIB
Edy Mulyadi (tengah)  (PR)
Edy Mulyadi (tengah) (PR)

HARIANTERBIT.com - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjatuhkan vonis 7 bulan 15 hari terhadap Edy Mulyadi terkait kasus "jin buang anak"

Meskipun begitu, Majelis hakim memerintahkan kepada jaksa penuntut umum (JPU) untuk mengeluarkan pegiat media sosia dari penjara. 

"Memerintahkan terdakwa segera dikeluarkan dari tahanan," ujar hakim ketua Adeng AK dalam persidangan di PN Jakarta Pusat, Senin (12/9).

Edy telah diyakini bersalah melanggar Pasal 15 Ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Kendati begitu, alasan putusan agar Edy dilepaskan, lantaran masa penangkapan yang bersangkutan telah terhitung sama dengan masa hukuman penjara yang diberikan hakim.

"Karena masa pidana yang akan dijatuhkan terhadap terdakwa sama dengan masa penangkapan atau penahanan yang telah dijalani terdakwa maka perlu diperintahkan agar terdakwa segera dikeluarkan dari tahanan," kata hakim.

Edy Mulyadi mendapatkan hukuman lebih ringan ketimbang tuntutan dari Jaksa penuntut umum dengan hukuman empat tahun penjara.

Walaupun dalam vonis itu, Majelis hakim PN Jakarta Pusat tetap menilai, Edy terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 15 Ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Edy Mulyadi terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perbuatan menyiarkan kabar yang tidak pasti atau tidak lengkap sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut menduga kabar demikian dapat menimbulkan keonaran di masyarakat," ujar hakim 

 

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Bom Polsek Astana Anyar, Satu Polisi Meninggal

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:35 WIB

RUU KUHP Telah Disahkan Menjadi Undang-Undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:05 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Pemberdayaan UMKM

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:03 WIB

Terus Berlanjut Kasus Net89 Polisi Sita Kantor PT SMI

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:43 WIB
X