Rayakan Ultah di Gedung Rakyat Saat Demo BBM, Aktivis 98 Minta MKD Tegur dan Beri Sanksi Puan Maharani

- Senin, 12 September 2022 | 08:48 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani
Ketua DPR RI Puan Maharani

HARIANTERBIT.com - Aktivis 98 bakal melaporkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Laporan dilakukan Aktivis 98 terhadap putri dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Senin (12/9/2022) sekitar pukul 10.00 WIB.

"Bukti-bukti akan saya sertakan dalam laporan ke MKD. Di antaranya video-video yang menampilkan perayaan ultah Ibu Puan saat sidang paripurna di Gedung DPR," ujar Joko Priyoski, perwakilan Aktivis 98 kepada Harian Terbit, Minggu (11/2022).

Ketua Umum Kaukus Muda Anti Korupsi (KAMAKSI) ini menegaskan, Puan Maharani diadukan ke MKD karena dinilai tidak memiliki sensitivitas sebagai wakil rakyat.

Baca Juga: Banyak Keluhan Investor Asing Soal Layanan Imigrasi, Jokowi: Harus Berubah Total

Padahal pada saat yang bersamaan di luar gedung DPR, ada ratusan rakyat yang menyampaikan aspirasi menolak kenaikan harga BBM. Saat ini yang naik juga bukan hanya harga BBM tapi juga sejumlah bahan kebutuhan pokok (sembako).

"Harusnya sebagai wakil rakyat menskor sidang dan temui rakyat bukan malah merayakan ulang tahun yang merupakan urusan pribadi. Padahal mereka nyanyi-nyanyi di gedung milik rakyat," tegas aktivis yang saat mahasiswa aktif di Forum Kota (Forkot) itu.

Diberi Sanksi

Saat ini, sambung Jojo, panggilan akrab Joko Priyoski, sejumlah rakyat yang terdiri dari mahasiswa, buruh, petani dan lainnya di berbagai daerah juga melakukan aksi menolak kenaikan harga BBM. Oleh karena itu yang menolak kenaikan harga BBM bukan hanya rakyat yang menyuarakan aspirasinya di depan Gedung DPR Jakarta.

"Jadi saya harap MKD paling tidak menegur atau memberikan sanksi kepada Ibu Puan, apalagi Ibu Puan merupakan Ketua DPR yang harusnya memberikan contoh untuk anggota DPR yang lainnya," jelasnya.

Baca Juga: Naikkan harga BBM Pemerintah Diminta Berkaca Pada Kejadian Tahun 2013

Jojo menilai, saat ini anggota DPR kurang peka atas aspirasi rakyat. Oleh karena itu DPR saat ini harus diingatkan kembali atas tupoksinya yakni mewakili rakyat. Jangan setiap usulan yang diajukan pemerintah langsung disetujui anggota DPR tanpa harus mengetahui aspirasi dari rakyatnya.

Jojo menuturkan melaporkan Puan Maharani ke MKD sudah sesuai kaidah yang berlaku. Di antaranya, Bab II kode Etik Bagian Kesatu Kepentingan Umum pasal 2 ayat 1 dan 2 junto Bagian kedua Integritas Pasal 3 ayat 1 dan 2 Kode Etik Anggota DPR RI ditambah lagi massa yang menyampaikan aspirasi diluar gedung DPR yang disaat waktu bersamaan tidak diterima dan dilayani oleh Puan Maharani selaku Pimpunan DPR RI.

Lagu Ultah

Sejumlah mahasiswa dari Universitas Panca Sakti Bekasi menggeruduk Gedung DPR RI, Jumat (9/9/2022). Mereka datang untuk menolak kenaikan harga BBM.

Saat kedatangannya mereka menyanyikan lagu ulang tahun yang diperuntukan untuk Ketua DPR RI Puan Maharani. Namun lirik dalam lagu tersebut diubah oleh mereka.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

X