• Rabu, 7 Desember 2022

Demokrat Yakin Tak Terlibat Korupsi, Survei: Anies Baswedan Bisa Kalahkan Prabowo

- Jumat, 9 September 2022 | 11:01 WIB
Anies Baswedan Dan Prabowo Subianto
Anies Baswedan Dan Prabowo Subianto

HARIANTERBIT.com - Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvan mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bisa menang Pilpres 2024 jika hanya melawan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Jika Anies menghadapi Prabowo dan Ganjar tidak ikut bersaing, maka peluang Anies menang atas Prabowo cukup terbuka," kata Deni, Kamis (8/9).

Dari hasil simulasi Anies versus Prabowo versi SMRC, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu mencapai 38 persen. Lebih rendang dibanding Prabowo dengan 41,5 persen.

Baca Juga: Bamsoet: Bentuk Hukum PPHN Akan Ditentukan Bersama Seluruh Fraksi MPR dan Kelompok DPD di Paripurna MPR

Akan tetapi, ada 20,4 persen responden yang tidak menjawab. Menurut Deni, ada kans bagi Anies untuk memanfaatkan kalangan tersebut.

Berbeda halnya jika Anies berhadapan dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo tidak ikut bertarung.

Deni mengatakan Anies bakal langsung kalah dari Ganjar. Pasalnya, elektabilitas Ganjar mencapai 56,4 persen, sementara Anies hanya 32,6 persen.

"Artinya Ganjar sudah mendapat lebih dari 50 persen kalau 2 calon yang bersaing ini, ini signifikan. Setidaknya kalau pemilihan dilakukan, Ganjar kemungkinan besar akan menang melawan Anies," tutur Deni dilansir CNNIndonesia.com.

Baca Juga: Publik Menanti Capres Alternatif di Pemilu 2024

Survei SMRC dilakukan pada 5-13 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.220 responden di berbagai wilayah Indonesia. Responden merupakan mereka yang sudah memiliki hak suara di Pemilu 2024.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Ke Ferdy Sambo, Putri Mengaku Diperkosa Brigadir J

Rabu, 7 Desember 2022 | 14:55 WIB

Bom Polsek Astana Anyar, Satu Polisi Meninggal

Rabu, 7 Desember 2022 | 12:35 WIB
X