• Rabu, 7 Desember 2022

KPK Tahan Pegawai Alfamidi Terkait Kasus Korupsi eks Walkot Ambon

- Kamis, 8 September 2022 | 00:09 WIB
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto
Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto

HARIANTERBIT.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kembali menahan satu tersangka kasus dugaan suap persetujuan izin prinsip pembangunan cabang ritel di Kota Ambon tahun 2020, dan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Kasus ini menjerat bekas Wali Kota (Walkot) Ambon 2017-2022, Richard Louhenapessy (RL).

Kali ini, KPK menahan karyawan PT Alfamidi (AM) Kota Ambon, Amri (AR) Untuk kebutuhan proses penyidikan, Amri ditahan selama 20 hari di Rumah Tahanan (Rutan) KPK.

"Tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan pada tersangka AR selama 20 hari pertama, terhitung 7 September 2022 sampai dengan 26 September 2022, di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur," ujar Deputi Penindakan KPK, Karyoto, dalam konferensi pers di Gedung KPK, Rabu, 7 September 2022.

Baca Juga: Viral Rekaman Pendemo Anies di KPK Ngaku Dibayar, Begini Pengakuannya

Selain Richard, KPK juga menjerat pegawai Pemkot Ambon, Andrew Erin Hehanussa (AEH). Keduanya telah ditahan sebelumnya.

Dalam perkara ini, kata Karyoto, Amri ditunjuk PT Midi Utama Indonesia, yang menaungi ritel Alfamidi, untuk mengurus izin prinsip pembangunan beberapa cabang di Kota Ambon pada 2020.

Agar proses penerbitan izin cepat rampung, Amri diduga berinisiatif melakukan pendekatan dan komunikasi dengan Richard. Sebab, Richard memiliki kewenangan memberikan persetujuan izin prinsip pembangunan cabang Alfamidi di Kota Ambon.

Baca Juga: Ibu-ibu Pemalang Deklarasi dan Senam Massal Dukung Puan Maharani Presiden 2024

"AR kemudian diduga menawarkan sejumlah uang pada RL untuk mempermudah dan mempercepat terbitnya persetujuan izin prinsip pembangunan cabang ritel yang kemudian disetujui RL," jelas Karyoto.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU KUHP Telah Disahkan Menjadi Undang-Undang

Selasa, 6 Desember 2022 | 23:05 WIB

Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Pemberdayaan UMKM

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:03 WIB

Terus Berlanjut Kasus Net89 Polisi Sita Kantor PT SMI

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:43 WIB
X