LPSK Sebut Ada Tujuh Kejanggalan, Kecil Kemungkinan Brigadir J Lecehkan Putri Sambo

- Selasa, 6 September 2022 | 10:26 WIB
Putri Candrawathi dan suami, Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat.  (ikbal muqorobin)
Putri Candrawathi dan suami, Ferdy Sambo, saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah Duren Tiga, Jakarta Pusat. (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menegaskan, kecil kemungkinan peristiwa kesusilaan terjadi antara Brigadir J dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi lantaran masih ada Kuat Ma'ruf dan Susi di sekitar mereka.

"Kan waktu peristiwa itu, yang diduga ada perbuatan asusila itu itu kan masih ada Kuat Ma'ruf dan Susi, yang tentu dari sisi itu kecil kemungkinan terjadi peristiwa, kalau pun terjadi peristiwa kan si Ibu PC masih bisa teriak," kata Wakil Ketua LPSK Edwin Partogi Pasaribu kepada wartawan, Senin (5/9).

Demikian salah satu temuan yang didapat LPSK setelah melakukan assessment Putri Candrawathi dan saksi lainnya.

Baca Juga: Pelecehan Seksual Putri Candrawathi Klaim Sepihak, Tak Ada Bukti

"Keganjilannya, kejanggalannya, karena ada tujuh, tapi yang ketujuh saya enggak mau sebutkan dulu karena belum dibuka oleh penyidik. Nanti kalau sudah dibuka oleh penyidik saya tambahkan. Ada tujuh kejanggalan atas dugaan peristiwa asusila atau pelecehan seksual di Magelang. Tapi saya hanya bisa sebutkan enam," ujar Edwin.

Kejanggalan kedua, tidak terpenuhinya konteks relasi kuasa Brigadir J terhadap Putri Candrawathi yang dapat menyebabkan tindak kesusilaan itu terjadi.

"Dalam konteks relasi kuasa, relasi kuasa tidak terpenuhi karena J adalah anak buah dari FS. PC adalah istri jenderal. Ini dua hal yang biasanya terpenuhi dalam kasus kekerasan seksual, pertama relasi kuasa, kedua pelaku memastikan tidak ada saksi," ujarnya.

Ketiga, ada momen Putri Candrawathi masih bertanya kepada tersangka Bripka Ricky Rizal RR tentang keberadaan Brigadir J. "Ketika itu di mana Joshua, jadi agak aneh orang yang melakukan kekerasan seksual tapi korban masih tanya di mana Joshua," kata Edwin.

Baca Juga: Aktivis Perempuan Ragukan Dugaan Pelecehan Seksual Putri Candrawathi

Selanjutnya keempat, Brigadir J juga sempat diminta menemui Putri Candrawathi di kamar kediaman Ferdy Sambo daerah Magelang, Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

300 Anak Yatim Mendoakan Yusril Jadi Presiden 2024

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:06 WIB

Anies Bertemu AHY di Kantor Demokrat

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:46 WIB

Bharada E Penuhi Syarat Sebagai Saksi Pelaku

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:45 WIB

Sambo dan Putri Akan Divonis 13 Februari

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:43 WIB
X